Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian Dengan Metode Jarimatika
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.11181Keywords:
Jarimatika, perkalian, kemampuan berhitung, penelitian tindakan kelas, pendekatan kualitatifAbstract
Metode jarimatika adalah salah satu cara dalam berhitung matematika melalui jari-jari tangan secara praktis, efisien, serta menyenangkan. Penelitian ini bertujuan dalam memberikan peningkatan kemampuan dasar berhitung matematika operasi perkalian siswa kelas V di SD Negeri Karangduak 2 melalui sebuah metode yaitu jarimatika.. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dari tahap merencanakan, melaksanakan, observasi dan pengamatan, serta refleksi atau . Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat sebuah peningkatan pada kemampuan berhitung setelah menerapkan metode Jarimatika, yang ditandai dengan tingkat ketuntasan belajar yang meningkat dari kedua siklus yang telah dilakukan. Guru memegang peran penting dalam mengimplementasikan metode Jarimatika dalam pembelajaran matematika. Dari penelitian ini, harapan besar yaitu dapat memberi dampak dan peran dalam peningkatan kemampuan berhitung matematika siswa kelas V
References
Afriani, Di., Fardila, A., & Septian, Galih. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar . Collase Creative Of Learning Students Elementary Education, 2(5), 191–196.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3).
Hartiningrum, E. S. N., & Wahab, A. (2024). Kajian Teori: Pandangan Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Problem Posing Di Kurikulum Merdeka.
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1). https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Jion Satriyo, A., Jion Satriyo Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, A., & Negeri Galengdowo, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN JARITMATIKA SISWA KELAS 2 SDN GALENGDOWO 2 WONOSALAM. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 22–30. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1760
Purwaningsih, S. J., Reswita, R., & Putri, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Dinda Kids Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01). https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.1991
Rahayu, S. R., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2022). PENGARUH TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN JOGOROGO 1 KECAMATAN JOGOROGO, KABUPATEN NGAWI. Jurnal Holistika, 6(1). https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.41-48
Romlah, M., Kurniah, N., & Webrayarli. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN SEMPOA. Correspondencias & Análisis, 1(15018).Hartiningrum, E. S. N., & Wahab, A. (2024). Kajian Teori: Pandangan Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Problem Posing Di Kurikulum Merdeka.
Wahab, A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI LUAR KELAS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.
Wahab, A. (2023a). Pelatihan Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Dengan Metode Banding Selesaian Pada Guru Madrasah Aliyah. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, Issue 2).
Wahab, A. (2023b). Penilaian Tehadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Konteks Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa SMP. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(4 SE-Articles), 282–288. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i4.9721
Yudha, F. (2020). Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi