ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN

Authors

  • Ganik Wahyuningtias Sunardiningsih Universitas Kanjuruhan Malang
  • Sri Hariyani Universitas Kanjuruhan Malang
  • Trija Fayeldi Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447

Keywords:

Analisis Kesalahan, Soal Matematika, Analisis Newman

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 5 subjek mengalami kesalahan membaca, yaitu siswa tidak mampu memaknai arti setiap kata, istilah atau simbol dalam soal; 12 subjek mengalami kesalahan memahami, yaitu siswa tidak mampu memahami informasi yang diketahui dengan lengkap dan tidak mampu memahami apa yang ditanyakan; 8 subjek mengalami kesalahan transformasi, yaitu siswa tidak mengetahui rumus yang akan digunakan dan tidak mengetahui operasi hitung yang akan digunakan; 11 subjek mengalami kesalahan keterampilan proses, yaitu siswa tidak mengetahui prosedur atau langkah-langkah yang akan digunakan; dan 13 subjek mengalami kesalahan penulisan jawaban akhir, yaitu siswa tidak menemukan hasil akhir yang sesuai dengan langkah-langkah yang digunakan dan tidak menuliskan jawaban akhir sesuai dengan kesimpulan yang dimaksud dalam soal.

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447

Issue

Section

Articles