Penerapan PBL melalui Media Kotak Ajaib untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.12192Keywords:
PBL, media kotak ajaib, hasil belajarAbstract
Berdasarkan observasi ditemukan hasil bahwa siswa cenderung kurang bersemangat dalam pembelajaran matematika dan metode pembelajaran yang tidak sesuai sehingga siswa sulit memahami materi. Pembelajaran dengan media kotak ajaib merupakan suatu cara yang efektif untuk membantu membuat suasana kelas lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media kotak ajaib dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP PGRI 6 Malang yang berjumlah 23 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan media kotak ajaib. Hal ini dapat dilihat dari sebelum penerapan media media kotak ajaib hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan adalah 43,8% kemudian yang tidak mencapai kriteria ketuntasan adalah 56,2%. Setelah menggunakan media kotak ajaib dapat diketahui hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus pertama yaitu 69,56% namun belum mencapai kriteria ketuntasan minimum seperti yang diterapkan di sekolah yaitu 72. Maka dilanjutkan siklus kedua tes hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan 82,60%. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP PGRI 6 Malang.
References
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. In {proceeding of palangka raya international and national conference on islamic studies (PRINCIS)} (Vol. 1, pp. 173–186).
Alfrida, M. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan, 1(2), 54–64. http://ejournaljp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/49
Langka, F. R., & Setyadi, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Aljabar Untuk Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335–347. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2146
Ma`arif, A. S., Hadi, A., & Sa’diyin, M. (2024). Fenomena Periodesasi Masa Jabatan Kepala Desa Perspektif Fiqh Siyasah Dan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan). JOSH: Journal of Sharia, 3(01), 29–39. https://doi.org/10.55352/josh.v3i01.701
Maulida, N. A., Mulyanti, Y., & Lukman, H. S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Papan Aljabar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 70–78. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326
Mukarima, U. sadina, Setiawan, A., & Fitria Ningsih, E. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Pembelajaran Magic Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.367
Najiah, A., & Panggabean, E. M. (2021). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Spin Matematika Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp. Jurnal Nasional Holistic Science, 1(2), 96–102. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/index
Wardani, N. E. K., & Zamzam, K. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Aljabar (Papinal) Bebasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Pi: Mathematics Education …, 7(1), 40–48. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/9841%0Ahttps://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/download/9841/4337
Yuniar, M., & Pertiwi, C. M. (2022). Penerapan Pendekatan Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Dan Motivasi Belajar Siswa MTs Pada Materi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1149–1160. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1149-1160
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi