MEDIA INFORMASI PARTY PLANNER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DI PERSEWAAN ALAT PESTA ULUM JAYA ENTERPRISE

Authors

  • Ach Irfan Ulum Ardianto Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rini Agustina Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.4207

Keywords:

Party planner, Augmented reality, android

Abstract

Penelitian ini fokus membahas tentang persewaan alat pesta di Ulum Jaya Enterprise menggunakan Augmented Reality berbasis Android. Aplikasi Media Informasi Party planner dibuat untuk pemesanan karena terdapat beberapa masalah yang muncul seperti kesalahan pemesanan sebelum aplikasi dibuat. Aplikasi party planner ini menampilkan barang sesuai bentuk aslinya dan membantu mengkalkulasi semua pesanan barang. Sehingga aplikasi party planner ini mendapatkan hasil yang efisien dalam menggambarkan maupun mengkalkulasi jumlah barang yang akan dipesan.
Hasil perhitungan menggunakan User Acceptence Test (UAT) bahwa telah dilakukan pengujian aplikasi dan pengisian kuesioner, terdapat 91,12% responden yang menyatakan setuju jika aplikasi Media Informasi digunakan pada Ulum Jaya Enterprise.

References

Auditia Setiobudi, Nurul Indarti, Sivilokonom. Cand. Merc., Ph D.(2016). Model Bisnis Make-A-Wish Birthday Party Planner (Online). Tersedia di (http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/95550), diakses 6 Februari 2020.

Agustino ,Dedi Panji. 2018. Perancangan Augmented Reality Convention Center. STIMIK STIKOM Bali.

Brata, K. C., & Brata, A. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Mendukung Pengenalan Koleksi Museum. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853798

Lukitaningtyas, I., Andreswari, R., & Al-anshary, F. M. (2018). RANCANG BANGUN E- MARKETPLACE “ DYLAND †BAGI PENYEDIA JASA EVENT ORGANIZER-PARTY PLANNER MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL ( MODUL TRANSAKSI ). EProceedings of Engineering.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Nurmadiah, N. (2016). MEDIA PENDIDIKAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Qadriyanto, M., & Bahri, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3d Furniture Interior Rumah Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode Markerless Berbasis Android. Jurnal Coding.

Rifa’i, M., Listyorini, T., & Latubessy, A. (2014). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI KATALOG RUMAH BERBASIS ANDROID. Prosiding SNATIF Ke-1.

Yulianto, N. (2012). PEMBUATAN GAME 3 DIMENSI LOST IN THE JUNGLE DENGAN MENGGUNAKAN UNITY 3D GAME ENGINE.

Downloads

Published

2020-06-03

How to Cite

Ardianto, A. I. U., & Rini Agustina. (2020). MEDIA INFORMASI PARTY PLANNER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DI PERSEWAAN ALAT PESTA ULUM JAYA ENTERPRISE. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(2), 114–120. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.4207

Issue

Section

Articles