IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4333Keywords:
inkuiri terbimbing, motivasi, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Agar dapat meningkatkan kualitas penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. (2) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. (3) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I (72,78%), dan siklus II (82,78%). Motivasi belajar siswa pada siklus I (76,02%) dan pada siklus II (87,22%), dan Prestasi belajar siswa pada siklus I (57,14%) dan pada siklus II (85,71%). Dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2019-2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi