IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK

Authors

  • Robertus Ndara Ana Lewe Universitas Kanjuruhan
  • Sholikhan Sholikhan Universitas Kanjuruhan
  • Hestiningtyas Yuli Pratiwi Universitas Kanjuruhan

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4333

Keywords:

inkuiri terbimbing, motivasi, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Agar dapat meningkatkan kualitas penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. (2) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. (3) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I (72,78%), dan siklus II (82,78%). Motivasi belajar siswa pada siklus I (76,02%) dan pada siklus II (87,22%), dan Prestasi belajar siswa pada siklus I (57,14%) dan pada siklus II (85,71%). Dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2019-2020.

 

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Lewe, R. N. A., Sholikhan, S., & Pratiwi, H. Y. (2020). IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4333

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>