PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GERAK LURUS
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5932Keywords:
Inkuiri terbimbing, motivasi, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa (2) mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing (3) mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Bahrul Ulum Jatisari Tajinan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Peniliaian motivasi belajar siswa dilakukan melalui observasi sedangkan untuk prestasi belajar siswa dilakukan melalui test. Data yang diperoleh akan di gunakan untuk mengetahui presentase setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 69,64 % sedangkan pada siklus II sebesar 94,64 %. Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 70,58 % sedangkan pada siklus II sebesar 95,69 %. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siklus I adalah sebesar 63 dan siklus II sebesar 79, dengan tingkat keberhasilan belajar pada siklus I sebesar 41,67 % sedangkan pada siklus II sebesar 83,33 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
References
Azizaturredha, M, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Laboratorium Virtual (PhET) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains dan Minat Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2.
Chomaidi & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran:Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Rasyidah, K, dkk. (2018). Pengaruh Guided Inquiry berbantuan PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 7 No. 2, 129.
Saputri, K. M. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Self Regulated Learning (SRL). Malang: Skripsi: tidak diterbitkan.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Simbolon, D. H. & Syahrar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21:3, 303.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi