Pengaruh Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara

Authors

  • Wilhelmina Fatubun Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sri Hariyani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Retno Marsitin Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6465

Keywords:

kooperatif, jigsaw, hasil belajar

Abstract

Hasil belajar merupakan komponen penting dalam suatu kemajuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran, salah satu penyebab turunnya hasil belajar siswa adalah karena guru masih sering menggunakan strategi berbicara sehingga siswa merasa lelah dan terasing dalam belajar. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang bermanfaat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII. Sampel yang dipilih menggunakan teknik sampling rumpun, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain eksperimen semu dan pola Non-Equivalent Control Group Design. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukan kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Analisis data menggunakan uji-t, karena sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, Hasil belajar

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Fatubun, W., Hariyani, S. ., & Marsitin, R. . (2022). Pengaruh Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(1), 82–88. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6465

Issue

Section

Articles