Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Problem Based Learning di Kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu

Authors

  • Hidayatullah Yaya a:1:{s:5:"en_US";s:13:"IAIN PAREPARE";}
  • Muhammad Ahsan Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Buhaerah Buhaerah Institut Agama Islam Negeri Parepare

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i1.6587

Keywords:

Bahan Ajar Matematika, Kvisoft Flipbook Maker, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar matematika menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis Problem Based Learning di kelas 7 MTs Yasrib Batu-Batu. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan mengacu pada modifikasi dari Model Pengembangan Borg and Gall dan Model Pengembangan Instruksional (MPI) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: Pertama, tahap pendahuluan meliputi Research and Information Collecting, Planning. Kedua, tahap pengembangan meliputi Menulis Tujuan Instruksional, Menyusun Alat Penilaian Hasil Belajar, Menyusun Strategi Instruksional, Mengembangkan Bahan Instruksional, Validasi dan Revisi. Ketiga, tahap evaluasi dan revisi meliputi Preliminary Field Testing, Main Product Revission, Main Field Testing, Operational Product Revision, Dissemination and Implementation. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa dan guru, serta tes hasil belajar siswa. Adapun hasil penelitian pegembangan ini adalah (1) Valid, hasil validasi bahan ajar ahli materi dan ahli media yaitu sebesar 3,7 kategori sangat valid. (2) Praktis, hasil angket respon siswa dan guru yaitu sebesar 3,6 kategori sangat praktis. (3) Efektif, hasil analisis tes hasil belajar siswa menggunakan SPSS yaitu: (a) Hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh bahwa nilai Sig = 0,001 lebih kecil dari 0,05 artinya H0 ditolak dan otomatis H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar. (b) Hasil uji N-Gain diperoleh bahwa rata-rata ­N-Gain sebesar 0,71 artinya efektifitas bahan ajar berada pada kategori tinggi.

References

Zulhendri. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Berbantuan Matlab. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1)

Wibowo, Edi, dan Dona Dinda Pratiwi. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika. 1 (2). Hal 135-149

Rezky Amalia, (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP/MTS

Downloads

Published

2024-03-08

How to Cite

Yaya, H., Ahsan, M., & Buhaerah, B. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Problem Based Learning di Kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(1), 18–28. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i1.6587

Issue

Section

Articles