Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams Pada Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 6 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v5i1.7350Abstract
Penelitian ini difokuskan pada kasus virus Covid 19 di Indonesia yang masuk ke Tanah Air pada Maret 2020, sehinggah Pemerintah mengharuskan untuk menutup sementara waktu sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi dan diahlikan kepembelajaran online/daring.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Microsoft Teams efektif dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 6 Pinrang. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain studi kasus. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru matematika dan siswa kelas XI MIPA 1. Adapun teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dekumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengunaan microsoft teams pada pembelajaran matematika SMA Negeri 6 Pinrang berjalan dengan efektif. Hal ini berdasrkan temuan peneliti dimana, Belajar dengan menggunakan Microsoft Teams dapat meningkatkan minat belajar siswa, suasana yang kondusif, serta nilai akhir siswa kelas SMA Negeri 6 pinrang memiliki nilai di atas KKM atau diatas 75. Hal ini di sebabkan pada Microsoft teams terdapat fitur-fitur yang menarik.
References
Arif, S. Sadiman. “Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya.†In , 7. Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.
Auliya, Risma Nurul. “Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6 (1), 2016. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748.
Awaru, A Octamaya Tenri, Agus Syam, Abdul Rahman, dan Supriadi Torro. “WORKSHOP EDUKASI MICROSOFT OFFICE 365 DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19.†Jurnal Masyarakat Mandiri 5 (2), 2021.
Aziizah, Anisatul, dan Tegar Bima Sakti. “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MICROSOFT.†KERATON : Journal of History Education and Culture 19, 2020.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, 2009.
Daheri, Mirzon, Juliana, Deriwanto, dan Ahmad Dibul Amda. “Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring.†Jurnal Basicedu 4 (4), 2020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.
Donal, Ary, Luchy C. Jacobs, dan Asghar Razaviech. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Edited by Arief Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Eva, Lin Mas, and Mei Kusrini. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Berpikir Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5 (3), 2016. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.650.
Firmansyah, Dani. n.d. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Jurnal Pendidikan UNISKA. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199.
Gay, Peter Airasian L. R. dan Geofrey E. Mills,. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. 10th ed. New Jersey: Pearson Educations Inc, 2012.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
Handarini, Oktafia Ika, dan Siti Sri Wulandari. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.†Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 (3), 2020.
Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Ilmiyah, Nur Hafidhotul dan Meini Sondang Sumbawati. “Pengaruh Media Kahoot Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Journal Information Engineering and Educational Technology 3, 2019. http://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.10520.
Indriana, Dina. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Kurniawati, Dessy Indah dan Hamida Syari Harahap,. “WHATSAPP SEBAGAI MEDIA STRATEGI KOMUNIKASI USTADZAH DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH ( Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas ‘ Belajar Islam Seru ’).†DiMCC Conference Proceeding 1, 2018. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/DIMCC/article/download/513/321&ved=2ahUKEwjjiZv857LrAhXGbn0KHUHJD_QQFjAAegQIBRAC&usg=AOvVaw29C6ppkuk1HGrgIITSf9-4.
Lestari, Tri, and Harlinda Syofyan. “Pengaruh Penggunaan WhatsApp Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN Duri Kepa 03 Jakarta Barat Pada Masa Pandemi.†Jurnal Perseda IV (2), 2021.
Mu’ti, Yafita Arfina. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MICROSOFT TEAMS PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1 (2), 2020.
Munadi, Yudhi. “Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru).†In , 8. Jakarta: GP Press Grup, 2013.
Mureiningsih, Endang Sri. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif" Jurnal Madaniyah, 2014.
Mustakim. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA THE EFFECTIVENESS OF E-LEARNING USING ONLINE MEDIA DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN MATHEMATICS†2 (1), 2020.
Nurvita, Nova. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT 365 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMK BATIK 2 SURAKARTAâ€, 2021.
Pradja, Barra Purnama, dan Abdul Baist. “Analisis Kualitatif Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran Kolaboratif Daring.†Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senatik), 2019. http://103.98.176.39/index.php/senatik/article/view/88.
Purwanto. Evaluasi Hasil Balajar. 6th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.
Rifai, Ahmad dan Nana Sudjana. n.d. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Riyana, Cepi. “Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online.†Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan, 2015.
Rosiyanti, Hastri. “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Materi Transformasi Linier.†FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 1 (2), 2015. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1635.
Sabri, H.M. Alisuf. “Psikologi Pendidikan.†.Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.
Sanaky, Hujair AH. Media Pembelajaran Interaktiv-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.
Septyanggraeni, Aulia Diraswati. “Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Guided Discovery Learning Menggunakan Microsoft Teams Berbantuan Excel Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika PENDAHULUAN Adanya Pandemi CO†1, 2020.
Seran, Elizabeth Belavista, Erlin Ladyawati, dan Susilohadi Susilohadi. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.†Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika 8 (2:), 2019. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1749.115-120.
Situmorang, Adi Suarman. “Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran.†Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar 02 (01), 2020.
Slameto. “Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.†In , 2. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 15th ed. Bandung: Alfabeta, 2012.
———. Statistika Untuk Penelitian. 30th ed. Bandung: Alfabeta, 2019.
Sujarweni, V. Wiratna. SPSS Untuk PENELITIAN. Edited by Florent. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press, 2014.
Tambunan, Novidawaty. “Pengaruh Penggunaan Microsoft Form Survei Berbasis Microsoft 365 Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Daring Statistika Mahasiswa Manajmen Komputer AMIK Mitra Gama Riau.†Jurnal Jaringan Sistem Informasi Robotik (JSR) 5 (1), 2021.
Vockell, Edward L. Educational Research. New York: Macmillan Publishing, 1983.
Widana, Wayan. Uji Persyaratan Analisis. Edited by Teddy Fiktorius. Jawa Timur: Klik Media, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi