Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Siswa MTs Manbaul Ulum DDI Patobong

Mutmainnah Ma'mun Inna, Usman Usman, Muhammad Ahsan

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika di kelas masih banyak ditemui permasalahan. Salah satu masalah di kelas tersebut adalah kurangnya minat siswa dalam pembelajaran. Hal ini ditandai adanya sikap siswa yang cenderung bersikap pasif, enggan bertanya, takut atau malu untuk bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dengan kemampuan berfikir kreatif siswa terhadap minat belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Manbaul Ulum DDI Patobong . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Manbaul Ulum DDI Patobong. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk membedakan siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif tinggi dengan siswa kreatif rendah, kemudian menggunakan angket (angket awal dan angket akhir). Uji ANAVA diterapkan untuk menganalisis data diperoleh pada signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) minat belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari pada pembelajaran langsung; (2) minat belajar siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif tinggi tidak berbeda dengan pemiliki berfikir kreatif rendah; (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan tingkat kemampuan berfikir kreatif; (4) minat belajar siswa dengan kemampuan berfikir kreatif tinggi yang menggunakan pendekatan CTL tidak berbeda dengan pembelajaran langsung; (5) minat belajar siswa dengan kemampuan berfikir kreatif rendah yang menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada pembelajaran langsung. (6) minat belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL dengan kemampuan berfikir kreatif tinggi tidak berbeda dengan kreatif rendah; (7) minat belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran langsung dengan kemampuan berfikir kreatif tinggi tidak berbeda dengan kreatif rendah.

References

Fatimah, S. (2009). Matematika asyik dengan metode pemodelan. DAR! Mizan.
Togala, Z. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar Keterampilan Elektronika setelah Mengontrol Pengetahuan Awal. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 129-140.
Setyaputri, N. Y. (2021). BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR (Teori dan Aplikasinya): Edisi 1. Media Sains Indonesia.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Juliandri, D. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 1(1), 1-10.
Ahmad, S., Helsa, Y., & Ariani, Y. (2020). Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele. Deepublish.
Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran langsung. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 16(1).
Abdullah, I. H. (2016). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).
Irawan, D. (2015). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian melalui pembelajaran model 4K ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Irawan, D. (2015). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian melalui pembelajaran model 4K ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Widya, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERDASARKAN TEORIDIENES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPN 03 BANJAR MARGO (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Authors

Mutmainnah Ma'mun Inna
mutmainnahma'mun@iainpare.ac.id (Primary Contact)
Usman Usman
Muhammad Ahsan
Inna, M. M., Usman, U., & Ahsan, M. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Siswa MTs Manbaul Ulum DDI Patobong. AINSTEK urnal erapan ains & eknologi, 6(1), 7–17. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i1.6606

Article Details