Efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script pada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN10 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i3.6596Keywords:
Efektivitas, Model pembelajaran cooperative scriptAbstract
Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script sebesar 3,89 (terlaksana dengan sangat baik), (2)Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) kelas eksperimen yaitu 41,4 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas eksperimen yaitu 78,2 berada pada kategori sedang, (3)Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) kelas kontrrol yaitu 37,7 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas kontrolyaitu 67,7 berada pada kategori sedang (4) hasil posttestmenunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 100% (22 siswa) mencapai ketuntasan individu, (5) rata-rata gain ternormalisi sebesar 0,63 (kategori sedang). Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI setting cooperative script lebih besar dari 71(KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model pembelajarancooperative script.
References
Nasution Toni. (2017). “Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam
Membangun Karakter Siswa,” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial
Hariyanto & Suyono. 2014. Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar.
Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
RI, Departemen Agama. 1989 Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan
Penyelenggaraan Penerjemahan Dan Pantashi Al-Quran,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi