Efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script pada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN10 Pinrang

Efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script pada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN10 Pinrang

Authors

  • Safika Hm Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Ahsan Ahsan Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Buhaerah Buhaerah Institut Agama Islam Negeri Parepare

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i3.6596

Keywords:

Efektivitas, Model pembelajaran cooperative script

Abstract

Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script sebesar 3,89 (terlaksana dengan sangat baik), (2)Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) kelas eksperimen yaitu 41,4 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas eksperimen yaitu 78,2 berada pada kategori sedang, (3)Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) kelas kontrrol yaitu 37,7 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas kontrolyaitu 67,7 berada pada kategori sedang (4) hasil posttestmenunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 100% (22 siswa) mencapai ketuntasan individu, (5) rata-rata gain ternormalisi sebesar  0,63 (kategori sedang). Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI setting cooperative script lebih besar dari 71(KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model pembelajarancooperative script.

References

Nasution Toni. (2017). “Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam

Membangun Karakter Siswa,” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial

Hariyanto & Suyono. 2014. Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar.

Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

RI, Departemen Agama. 1989 Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan

Penyelenggaraan Penerjemahan Dan Pantashi Al-Quran,

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Hm, S., Ahsan, A., & Buhaerah, B. (2024). Efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script pada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN10 Pinrang. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(3), 182–192. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i3.6596

Issue

Section

Articles
Loading...