Pengaruh Penggunaan Media Power Point Berbasis Audio Visual Menggunakan Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.7282Keywords:
Prestasi belajar, media power point, audio visual, google classroom, pembelajaran onlineAbstract
Materi pembelajaran, informasi, konsep, prosedur, dan keterampilan semuanya dapat diajarkan kepada siswa dengan menggunakan presentasi PowerPoint audio-visual yang menggabungkan suara dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bagaimana prestasi belajar siswa berbeda ketika media PowerPoint berbasis audio-visual digunakan dibandingkan ketika tidak digunakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negri 2 Wagir selama tahun ajaran 2020–2021, yang melibatkan semua siswa kelas VIII. Kelas VIII B dan Kelas VIII C terdiri dari sampel penelitian yang berjumlah 60 siswa, dengan 30 siswa di kelas VIII B yang berperan sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas VIII C yang berperan sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel secara acak klaster digunakan sebagai metode pengambilan sampel. Setelah menggunakan Google Classroom dengan pembelajaran daring dan materi PowerPoint berbasis audio-visual, data prestasi belajar dikumpulkan. Kami menggunakan uji-t independen untuk menilai data. Penggunaan media power point dengan komponen audio-visual meningkatkan prestasi belajar siswa, menurut temuan penelitian. Kesimpulan penelitian adalah bahwa penggunaan materi PowerPoint berdampak pada kinerja akademik siswa.
References
Agustina, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Pgri 20 Kecamatan Cibubur Jakarta Timur Tahun Ajaran 2009/2010). Jurnal Faormatif, 1(3). 236–246. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V1i3.74
Ambarini, S. T. G., & Durinta, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Otkp Di Smkn 4 Surabaya. Edunusa: Journal Of Economics And Business Education, 1(1). 120–131. Https://Journal.Inspirasi.Or.Id/Index.Php/Edunusa
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2). 109. Https://Doi.Org/10.30821/Biolokus.V1i2.351
Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar Mirna. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5). 1928–2934. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/695
Damitri, D. E. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2). 1–7.
Damitri, D. E., & Adistana, D. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 06(02). 1–7. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Kajian-Ptb/Article/View/36296
Dewi, Wahyu A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). 55–61. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.89
Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negri 10 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 3(4). 43–53. Https://Doi.Org/10.24815/Pear.V7i2.14753
Kamil, P. M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2). 64–68. Https://Doi.Org/10.34289/277901
Khaerunnisa, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejara Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal Of History Education, 6(1). 31–41.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(2). Https://Doi.Org/10.32734/St.V2i2.532
Misbah, D., & Surya, M. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Power Point Model Pop Up Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). 404–417.
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? Wapfi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1). 43. Https://Doi.Org/10.17509/Wapfi.V3i1.10939
Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1). 105. Https://Doi.Org/10.20961/Habitus.V2i1.20404
Nurhayati, D. (2020). Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1). 75–87. Https://Doi.Org/10.33557/Jedukasi.V13i1.1036
Sarullo, Y. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Menggunakan Google Classroom. Duniailmu.Org, 1(2). 1–7.
Sobandi, A., & Nurhasanah, S. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). 128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3264
Suhendra, I., & Enawaty, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa Campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–8.
Suprianto, E. (2019). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). 22–32.
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cd Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1). 82–92. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2019.V9.I1.P82-92
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). 1652–1657.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi