Pengaruh Penggunaan Media Power Point Berbasis Audio Visual Menggunakan Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Penggunaan Media Power Point Berbasis Audio Visual Menggunakan Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Aplonia F. Timo Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nurul Ain Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • sholikhan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.7282

Keywords:

Prestasi belajar, media power point, audio visual, google classroom, pembelajaran online

Abstract

Materi pembelajaran, informasi, konsep, prosedur, dan keterampilan semuanya dapat diajarkan kepada siswa dengan menggunakan presentasi PowerPoint audio-visual yang menggabungkan suara dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bagaimana prestasi belajar siswa berbeda ketika media PowerPoint berbasis audio-visual digunakan dibandingkan ketika tidak digunakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negri 2 Wagir selama tahun ajaran 2020–2021, yang melibatkan semua siswa kelas VIII. Kelas VIII B dan Kelas VIII C terdiri dari sampel penelitian yang berjumlah 60 siswa, dengan 30 siswa di kelas VIII B yang berperan sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas VIII C yang berperan sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel secara acak klaster digunakan sebagai metode pengambilan sampel. Setelah menggunakan Google Classroom dengan pembelajaran daring dan materi PowerPoint berbasis audio-visual, data prestasi belajar dikumpulkan. Kami menggunakan uji-t independen untuk menilai data. Penggunaan media power point dengan komponen audio-visual meningkatkan prestasi belajar siswa, menurut temuan penelitian. Kesimpulan penelitian adalah bahwa penggunaan materi PowerPoint berdampak pada kinerja akademik siswa.

References

Agustina, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Pgri 20 Kecamatan Cibubur Jakarta Timur Tahun Ajaran 2009/2010). Jurnal Faormatif, 1(3). 236–246. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V1i3.74

Ambarini, S. T. G., & Durinta, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Otkp Di Smkn 4 Surabaya. Edunusa: Journal Of Economics And Business Education, 1(1). 120–131. Https://Journal.Inspirasi.Or.Id/Index.Php/Edunusa

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2). 109. Https://Doi.Org/10.30821/Biolokus.V1i2.351

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar Mirna. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5). 1928–2934. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/695

Damitri, D. E. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2). 1–7.

Damitri, D. E., & Adistana, D. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 06(02). 1–7. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Kajian-Ptb/Article/View/36296

Dewi, Wahyu A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). 55–61. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.89

Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negri 10 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 3(4). 43–53. Https://Doi.Org/10.24815/Pear.V7i2.14753

Kamil, P. M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2). 64–68. Https://Doi.Org/10.34289/277901

Khaerunnisa, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejara Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal Of History Education, 6(1). 31–41.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(2). Https://Doi.Org/10.32734/St.V2i2.532

Misbah, D., & Surya, M. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Power Point Model Pop Up Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). 404–417.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? Wapfi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1). 43. Https://Doi.Org/10.17509/Wapfi.V3i1.10939

Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1). 105. Https://Doi.Org/10.20961/Habitus.V2i1.20404

Nurhayati, D. (2020). Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1). 75–87. Https://Doi.Org/10.33557/Jedukasi.V13i1.1036

Sarullo, Y. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Menggunakan Google Classroom. Duniailmu.Org, 1(2). 1–7.

Sobandi, A., & Nurhasanah, S. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). 128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3264

Suhendra, I., & Enawaty, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa Campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–8.

Suprianto, E. (2019). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). 22–32.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cd Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1). 82–92. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2019.V9.I1.P82-92

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). 1652–1657.

Downloads

Published

2025-04-27

How to Cite

F. Timo, A., Ain, N., & sholikhan. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Berbasis Audio Visual Menggunakan Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(4), 337–342. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.7282

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 
Loading...