Pengembangan Modul Fisika Berbasis STEM (Scince, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Listrik Dinamis
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i3.9389Keywords:
modul STEM, listrik dinamis, kemampuan berpikir kritisAbstract
Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat modul fisika berbasis STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) yang akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis. Bahan-bahan ini telah dinilai kepraktisan, kemanjuran, dan kelayakannya. Salah satu model yang digunakan dalam proses pengembangan adalah model ADDIE: Awalnya kebutuhan siswa dianalisis; 2) Instrumen penelitian dirancang dan dibuat; 3) Modul pengembangan menggunakan MS Word telah dibuat; 4) Dilakukan tes terbatas skala kecil yang terdiri dari 22 siswa kelas IX; dan5) Pengguna, khususnya siswa dan guru, mengevaluasi modul. Tanda-tanda penggunaan berpikir kritis antara lain memberikan penjelasan dasar, mengasah kemampuan dasar, membuat kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengorganisasikan rencana dan metode. Berdasarkan temuan penelitian, guru dan siswa dapat secara efektif dan praktis memanfaatkan modul fisika berbasis STEM di kelas. Dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis STEM membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya mengingat nilai tes skala kecil 22 siswa adalah 0,63 termasuk dalam kategori “sedangâ€.
References
Astuti, Y., Sutrio, S., & Verawati, N. N. S. P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 65.
Gunada, I. W. (2021). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Guided Inquiry. 7, 90–97.
Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2019). Lailul Munjidah, 2019 Karakteristik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Usaha Dan Energi
Dengan Analisis Parameter Logistik Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 27–36.
Lathifah, M. F. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Abad ke 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 133–137.
Mustofa, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5e terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Bioedusiana, 4(2), 51–58.
Nur Izzati, Linda Rosmery T, Susanti, N. A. R. S. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era. Jurnal Anugrah, 1(2), 83–89.
Pratama, R., Alamsyah, M., & Noer, S. (2022). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Modul dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(1), 7.
Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Pendampingan Perencanaan Pembelajaran Ipa Berpendekatan STEM Di Wilayah Kota Banjarmasin Assistance Planning Science Learning With A Stem Approach In Banjarmasin menggunakan strategi STEM dalam pembelajaran IPA di tingkat SMP , Selain itu jika pemanfaatan. 7(3), 369–375.
Rusydi, A. I., & Kosim, H. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Effect of Learning Cycle Model 7E on the Student Critical Thinking Skills. J. Pijar MIPA, 13(2), 124–131.
Septiana, I. S., Harjono, A., & Hikmawati, H. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 7–15.
Wahyunita, I., & Subroto, W. T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan STEM Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1010–1021.
Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 246–255.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi