Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Pemuaian Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wagir
Keywords:
Pemecahan masalah, teory polyaAbstract
Pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam suatu proses pembelajaran matematis salah satunya yaitu dalam pembelajaran fisika. Pemecahan masalah diartikan sebagai suatu usaha atau jalan keluar dari suatu kesulitan. Tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi pemuaian zat berdasarkan langkah-langkah polya pada kelas VII E yang berjumlah 22 siswa di SMP Negeri 2 Wagir. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh: persentase rata-rata siswa adalah 66,18% dengan skor terendah 53% dan skor tertinggi 83% sehingga disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah seluruh siswa masuk dalam kriteria sedang (66,18%).
References
Hendriana, H., Rohaeti, EE., dan Sumarno, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT RefikaAditama
Awaliyah, Fista. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Materi Trigonometri dalam Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (AIR).
Chusni, M. M. 2017. Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasikl Belajar IPA/Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Muntilan, Kabupaten Magelang. Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Fisika. 9 (1): 16-23.
Ikhwanuddin, J. Amat, dan D. Purwantoro. 2010. Problem Solving Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatakna Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis. Jurnal pendidikan . 40 (2): 215-230
Sukayasa. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Fase-Fase Polya untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran Siswa Smp dalam Memecahkan Masalah Matematika. Dalam Jurnal Aksioma [Online], Vol 1 (48), 10 halaman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi