ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA KELAS VIII B DI SMP PGRI 02 PAKISAJI

Rambu Kassi, Sudi Dul Aji, Chandra Sundaygara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui tingkat keterampilan berpikir kreatif dengan indikator kelancaran, keluwesan dan kebaruan untuk menyelesaikan soal siswa dalam materi fisika, khususnya pokok pembahasan getaran, gelombang dan suara kelas VIII B di SMP PGRI 02 Pakisaji tahun 2020/2021. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yg diperoleh tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa yaitu 3 siswa memiliki tingkat cukup kreatif dalam mengerjakan soal, 10 peserta didik memiliki tingkat kurang kreatif dalam mengerjakan soal fisika dan 9 siswa yang memiliki tingkat tidak kreatif dalam mengerjakan soal fisika. Dan untuk data yang dianalisis hanya diambil masing-masing 2 subjek dari tingkat kreativitas yang cukup, kreativitas kurang dan tidak memiliki kreativitas. Disimpulkan banyak siswa yang kurang bisa berpikir kreatif untuk memecahkan soal fisika.  

References

Ardiansyah, A. S. (2015). Eksplorasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Matematika Setting Problem Based Learning. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Armandita, P. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol 10 (2). Universitas Jambi.
BSNP. (2012). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta : BSNP.
Indriyani, Ria. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa4 Sma Negeri 2 Gowa. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar
Ismienar, S., Andrianti, H., & A., S. V. (2009). Thinking. Malang.
Liliasari. & Tawil.M. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran Ipa. Makassar : Universitas negeri Makassar.
Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Mahmudi, A. (2008). Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. Disampaikan pada Konferensi Nasional Matematika (KNM) XIV Universitas Sriwijaya Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya Palembang.
Moleong, Lexy. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muliyaningsih.T & Ratu.S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter. Vol 1 (1) : Universitas Kristen Satya Wacana.
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Noer, S. H. (2009). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Apa, Mengapa, dan Bagaimana? (pp. 521–526). Lampung: Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009
Philip,P. (2008). Kita Menjadi Orang Kreatif. Yogyakarta : Maximus
Sasmita, dkk. (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Bangun Datar. Pontianak: Untan Pontianak
Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity Through Instruction Rich In Mathematical Problem Solving and Problem Posing. ZDM International Reviews on Mathematical Education, 29(3).
Siswono, T. (2011). Level of Student’s Creative Thinking in Clasroom Mathematics. Educational Research and Review 6(7).
Siswono, T.Y.E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Tringgono, M.M. (2018). Evaluasi Pembelajaran Fisika Berbasis Pemecahan Masalah Sebagai Stimulus Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Education. Vol 3 (2): IKIP PGRI Jember.
Yusmanida, D. E. (2014). Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK PIRI I Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Authors

Rambu Kassi
ambukassi@gmail.com (Primary Contact)
Sudi Dul Aji
Chandra Sundaygara
Kassi, R., Dul Aji, S., & Sundaygara, C. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA KELAS VIII B DI SMP PGRI 02 PAKISAJI . RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 336–341. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6383

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>