PBL DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE REPRESENTATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOLABORASI

Authors

  • Godevila Sriyati Wela Universitas Kanjuruhan
  • Chandra Sundaygara Universitas Kanjuruhan
  • Hestiningtyas Yuli Pratiwi Universitas Kanjuruhan

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.4711

Keywords:

PBL, Multiple Representation, Berpikir Kritis, Kolaborasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning dengan pendekatan multiple representation terhadap kemampuan berpikir kritis ditunjau dari kemampuan kolaborasi. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan rancangan posttest only group design. Tekning pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan instrumen penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel terdiri dari 28 siswa kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan (i) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar menggunakan model PBL dengan pendekatan multiple representation dan yang diajar dengan model PBL, ini dilihat dari nilai hasil perhitungan uji anova dua jalur yaitu sig 0,000 < 0,05. (ii) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang bekemampuan kolaborasi tinggi dengan yang berkemampuan kolaborasi rendah, hal ini terlihat dari nilai sig. 0,000 < 0,05. (iii) Terdapat pengaruh interaksi antara model PBL dengan pendekatan multiple representation dan kemampuan kolaborasi terhadap kemampuan berpikir kritis, ini dilihat dari nilai sig. 0,044 < 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa model PBL dengan pendekatan multiple representation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan kolaborasi.

References

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Anwar, B., Munzil, & Hidayat, A. (2017). Pengaruh Collaborative Learning dengan Teknik Jumping Task Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2), 15–25. http://journal2.um.ac.id/index.php/
Ardiansyah, S., Ertikanto, C., & Rosidin, U. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JPF Jurnal Pendidikan Fisika, VII(2), 265–278.
Arizkah, N., Herman, & Palloan, P. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 5 Soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 14(3), 52–63.
Dewi, M. R., Mudakir, I., & Murdiyah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. The Effect of Collaborative Learning Model with Lesson Study on Student Critical Thingking. Jurnal Edukasi Unej, III(2), 29–33. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3526
Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 4(1), 35–45. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 77–87.
Fitriyyah, S. J., & Wulandari, T. S. H. (2019). Effect of Problem Based Learning Model on Critical Thinking of Junior High School Students on Biology Learning Global Material. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 1–7.
Fredlund, T., Airey, J., & Linder, C. (2015). Enhancing the Possibilities for Learning: Variation of Disciplinary-Relevant Aspects In Physics Representations. European Journal of Physics, 36, 1–11. https://doi.org/10.1088/0143-0807/36/5/055001
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Hasbullah, H., Halim, A., & Yusrizal, Y. (2018). Penerapan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 69–74. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11621
Hermawan, H., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain Instrumen Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167–174. https://doi.org/10.21009/1.03207
Khotimah, K., Nyeneng, I. D. P., & Sesunan, F. (2017). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Respon Bahan Ajar Multiple Representation Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3).
Larasati, A. D. P., Ibnu, S., & Santoso, A. (2019). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa dengan Tingkat Self-Efficacy Berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 828–834.
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network dalam Mendukung Keterampilan Kolaborasi Siswa. TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 167–172.
Mahardika, I. K. (2016). Penggunaan Pendekatan Multirepresentasi dengan Setting Quantum Teaching dalam Pembelajaran Gerak Melingkar dan Dampaknya Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Fisika. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2016“Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era MEA,” 1, 545–554.
Marpaung, N., & Simanjuntak, M. P. (2018). Desain Pembelajaran Berbasis Masalah dan Multipel Representasi Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(3), 40–45. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11119
Miroh, Patonah, S., & Kaltsum, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament ( TGT ) terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa di SMPN 5 Ungaran. Prosiding Seminar Nasional The 5th Lontar Physics Forum, 113–118.
Mustajab, W., Hadi Senen, S., & Waspada, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Koperasi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II(1), 52–56. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.920
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 17–32. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, VI(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nurazmi. (2019). Pengaruh Pembelajaran Multi-Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Locus Of Control. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 127–132.
Nurkholifah, & Mayasari, T. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Pelajaran Fisika Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 569–574.
Pradana, S. D. S., Parno, & Handayanto, S. K. (2017). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Optik Geometri untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 51–64. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.13139
Puspita, I. A., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Prestasi Collaborative Skills Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 376–382. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16420
Rahayu, Ismail, S., & M.hasan. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Elastisitas Siswa Kelas Xi Sma Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 105–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v4i1.6589
Rahmat, R., Suwarma, I. R., & Imansyah, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Getaran Harmonik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019, VIII, 101–106. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.13
Respatiningrum, N., Sunardi, & Akhyar, M. (2017). Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA. Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15(2), 58–64.
Sipayung, H. D., Rahmatsyah, Sani, R. A., Bunawan, W., & Lubis, R. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Inquiry Terhadap Keterampilan 4C Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 29–38.
Sulardi, Nur, M., & Widodo, W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 802–810.
Sundaygara, C., & Gaharin, D. (2017). Pengaruh Multiple Representation pada Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Dasar II Mahasiswa Fisika. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 111–121. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i2.1863
Suyatna, A. (2017). Membangun Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratis, Komunikatif Siswa Melalui Proses Pembelajaran (pp. 1–19).
Widianingtiyas, L., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.21009/1.01105
Widodo, S., Jatmiko, Santia, I., & Katminingsih, Y. (2019). Pemberdayaan Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 182–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13795
Yuliana, D., Rudibyani, R. B., & Evkar, T. (2018). Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Larutan Elektrolit-Non Elektrolit.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Wela, G. S. ., Sundaygara, C., & Yuli Pratiwi, H. . (2020). PBL DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE REPRESENTATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOLABORASI. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(3), 209–220. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.4711

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>