Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery dan Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Tekanan
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9419Keywords:
Guided Discovery, ,Keterampilan Proses Sains , Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini ada tiga: pertama, untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa berbeda antara model Konvensional dan Guided Discovery; kedua, membandingkan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang memiliki keterampilan proses sains tinggi dan rendah; dan ketiga, untuk mengetahui apakah keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh interaksi antara model Penemuan Terbimbing dan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan desain kontrol pre-and post-test dan bersifat kuantitatif; ini juga merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa dari keenam kelas VIII SMPN 2 Wagir (VIIIA sampai VIIIF) pada tahun ajaran 2023–2024. Ada upaya yang disengaja untuk memilih sampel yang representatif. Ada total 64 siswa dalam penelitian ini; 32 orang berpartisipasi dalam kelompok eksperimen model penemuan terbimbing dan 32 orang berpartisipasi dalam kelompok konvensional sebagai kontrol. Informasi yang dikumpulkan untuk penelitian ini berasal dari dua sumber: pretest-posttest dan data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap kemampuan berpikir kritis dan proses ilmiah peserta. Lembar observasi metode saintifik dan ujian tertulis kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan soal esai dan analisis varian dua arah merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Kemampuan berpikir kritis siswa berbeda antara model konvensional dan model penemuan terbimbing, namun tidak terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi dan rendah. Terakhir, penelitian tidak menemukan interaksi antara model penemuan terbimbing dan keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
References
Christy et al., & I Putu Sriartha. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(2), 127–136.
Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.
Dahliana, P., Khaldun, I., & Saminan, S. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 101–106. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.1247
Hidayat, T., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Unsika.
Hafrah, A. F., Muhammad, A., & Kaharuddin, A. (n.d.). (2019) 1) , 2) , 1). 2.
Ilmu, P., & Dalam, F. (2019). Universitas Dharmawangsa Jurnal Warta Edisi : 60 April 2019 | ISSN : 1829-7463 Universitas Dharmawangsa. April.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir . Musamus Journal of Primary Education,, 1(2), 073-082.
Mukarromah, A. &. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1) 38-47.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL Abstrak. 6(1), 35–43.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Sa’diyah, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 11(1), 55-66.
Utami, L., & Adilla, R. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Virtual Laboratory Physics Education Technology (Phet) Pada Materi Indikator Asam Basa. Journal of Research and Education Chemistry, 4(1), 50. https://doi.org/10.25299/jrec.2022.vol4(1).9348
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915
Zul Hanifah, S., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi