Moral Entrepreneur Islami Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Konsep Pembentukan Generasi Perbankan Syariah Di Era Global
PDF

Keywords

Pendidikan Pancasila, Integritas, Perbankan Syariah, Era Global

How to Cite

Trihastuti , M. ., Hidayah, Y., Suryaningsih, A. ., Adha, M. M. ., & Aulia, S. S. . (2020). Moral Entrepreneur Islami Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Konsep Pembentukan Generasi Perbankan Syariah Di Era Global. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i1.4306

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis moral entrepreneur Islami melalui Pendidikan Pancasila sebagai konsep pembentukan generasi perbankan syariah di era global.  Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka perwujudan entrepreneur islami di era global upaya yang dapat dilakukan adalah 1) Penguatan karakter Integritas agar dapat menjadi pribadi yang dapat dipercaya. 2) Internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi untuk memupuk entrepreneur islami. 3) upaya persiapan generasi perbankan Syariah di era global dapat dimulai dengan pembudayaan peningkatan kualitas sumber daya yang professional di bidang perbankan Syariah.

https://doi.org/10.21067/jmk.v5i1.4306
PDF

References

Abdullah, S. Bin. (2013). The Characteristics of Successful Entrepreneurs from Islamic Perspective . Journal of Islamic and Human Advanced Research, 3(6), 323–345.
Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Ash-Shalabi, A. M. (2004). Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah. Jakarta: Pustaka al-Kausar.
Aulia, S. S., Arif, D. B., & Arpannudin, I. (2018). Prosiding Seminar Nasional. In Prosiding Seminar Nasional “Pengembangan Profesionalisme Dosen dan Guru Indonesia” (Vol. 2, pp. 82–88). Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Aziz., M. R. B. A. (2011). Opportunity For Agro Entrepreneur In Developing Agro Initiative In Islamic Banking In Malaysia. The Journal of Animal & Plant Sciences, 21(2), 290–302.
Belal, A.R., Abdelsalam, O. & Nizamee, S. S. J. B. E. (2015). Ethical Reporting in Islami Bank Bangladesh Limited (1983–2010). Journal of Business Ethics, 129(4), 769–784. https://doi.org/10.1007/s10551-014-2133-8
Darwis, M. (2017). Entrepreneurship Dalam Perspektif Islam; Meneguhkan Paradigma Pertautan Agama Dengan Ekonomi. Iqtishoduna, 6(1), 190–221.
Dianasari, & Hidayah, Y. (2019). Pancasila Sebagai Literasi Moral Pada Pendidikan Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan I. Majalengka: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Majalengka.
Effan, J. (2001). A mind set free. Marriage Today.
Grine, F., Fares, D., & Meguellati, A. (2015). Islamic spirituality and entrepreneurship: A case study of women entrepreneurs in Malaysia. The Journal of Happiness & Well-Being, 3(1), 41–56.
Islami, A., & Al-Khateeb, E. (2017). Dissertation: International Alumni Entrepreneurship : International Alumni Entrepreneurs Opportunity Identification. Retrieved from http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:hv:diva-12151%0A
Kayed, R. N., & Hassan, M. K. (2010). Islamic Entrepreneurship: A Case Study Of Saudi Arabia. Journal of Developmental Entrepreneurship, 15(4). https://doi.org/10.1142/S1084946710001634
Kristiono, N. (2017). Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Harmony, 2.
Kusnandar, V. B. (2019). Indonesia, Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar Dunia. Databoks. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/25/indonesia-negara-dengan-penduduk-muslim-terbesar-dunia
Martini, E., Trihastuti, M., & Candra, A. A. (2018). Understanding of Human Rights through Civic Education in the 21st Century. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018) Understanding (Vol. 251, pp. 501–504).
Milles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Osella, F., & Osella, C. (2009). Muslim entrepreneurs in public life between India and the Gulf: making good and doing good. Journal Of The Royal Anthoropological Institute, 15(1). https://doi.org/10.1111/j.1467-9655.2009.01550.x
Putri, T. E. S. (2012). Pentingnya Pendidikan Pancasila Sebagai Materi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Di Sekolah Tinggi Teknik Malang). Sinteks : Jurnal Teknik, 1(2).
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Al-Ta’lim, 6, 480–487. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46
Tlaiss, H. A. J. B. E. (2015). How Islamic Business Ethics Impact Women Entrepreneurs: Insights from Four Arab Middle Eastern Countries. Journal of Business Ethics, 129(4), 859–877. https://doi.org/10.1007/s10551-014-2138-3
Wijayanti, R. (2018). Membangun Entrepreneurship Islami dalam Perspektif Hadits. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 13(1), 35–49.
Wiratomo, G. H., Wahono, M., & Kristiono, N. (2017). Model Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Oleh Guru Ppkn Jenjang Smp Di Kota Semarang. INTEGRALISTIK No.2/Th., 2(XXVIII), 119–130.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .