Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Serta Menanamkan Disiplin di Sekolah Dasar
PDF

Keywords

Pembelajaran Daring
Karaker Disiplin
Sekolah Dasar
Keterlibatan Orangtua

How to Cite

Wijayanto, S., Wardana, A. E., & Purnanto, A. W. (2021). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Serta Menanamkan Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis keterlibatan orang tua di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang and SD Muhammadiyah 1 Inovatif  Mertoyudan Magelang. Data diperoleh dari pihak sekolah dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan 23 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai bentuk keterlibatan orang tua pada pembelajaran daring adalah menyediakan fasilitas, sebagai mentor, motivator, dan pengawas, dan komunikator. Orang tua terlibat dalam berbagai instruksi pembelajaran dari guru, menemani belajar, memberikan motivasi, dan menjadi mentor dalam belajar anak. Hasil penelitian juga menunjukkan peran orang tua dalam pengembangan karakter, terutama karakter disiplin. Upaya yang diakukan orang tua dalam membangun disiplin pada diri anak dilakukan dengan bentuk pemberian nasehat, peguatan, dan hukuman. Hasil ini menjadi gambaran bagi sekolah serta orang tua tentang bagaimana anak-anak mengalami keberhasilan dalam pembelajaran daring. Hasil ini menjadi refleksi dan evaluasi bagi sekolah bahwa program belajar yang dilakukan secara daring membutuhkan keterlibatan dari orang tua dan sekolah.

https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5336
PDF

References

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Aziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Studi From Home Selama Pandemi Covid 19. Konferensi Nasional Pendidikan.

Borup, J., Graham, C. R., & Davies, R. S. (2013). The Nature of Parental Interactions in an Online Charter School. American Journal of Distance Education. https://doi.org/10.1080/08923647.2013.754271

Cheung, C. S. S., & Pomerantz, E. M. (2012). Why does parents’ involvement enhance children’s achievement? The role of parent-oriented motivation. Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1037/a0027183

Epstein, J. L., & Dauber, S. L. (2018). School programs and teacher practices of parent involvement in inner-city elementary and middle schools. In School, Family, and Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools. https://doi.org/10.4324/9780429493133

Gonida, E. N., & Cortina, K. S. (2014). Parental involvement in homework: Relations with parent and student achievement-related motivational beliefs and achievement. British Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1111/bjep.12039

Intania, E. V., & Sutama, S. (2020). The role of character education in learning during the COVID-19 pandemic. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32979

Isikoglu Erdogan, N., Johnson, J. E., Dong, P. I., & Qiu, Z. (2019). Do Parents Prefer Digital Play? Examination of Parental Preferences and Beliefs in Four Nations. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-018-0901-2

Joy Caño, K., Grace Cape, M., Mar Cardosa, J., Miot, C., Rianne Pitogo, G., & Mae Quinio Jewish Merin, C. (2016). Parental Involvement on Pupils’ Performance: Epstein’S Framework. The Online Journal of New Horizons in Education.

Lawrence, K. C., & Fakuade, O. V. (2021). Parental involvement, learning participation and online learning commitment of adolescent learners during the COVID-19 lockdown. Research in Learning Technology. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2544

Lickona, T. (2013). Character education: The cultivation of virtue. In Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory. https://doi.org/10.4324/9781410603784-32

Nouwen, M., & Zaman, B. (2018). Redefining the role of parents in young children’s online interactions. A value-sensitive design case study. International Journal of Child-Computer Interaction. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2018.06.001

Pajarianto, H., Kadir, A., Galugu, N., Sari, P., & Februanti, S. (2020). Study from Home in the Middle of the COVID-19 Pandemic : Analysis of Religiosity , Teacher , and Parents Support Against Academic Stress. 12(2), 1791–1807.

Patall, E. A., Cooper, H., & Robinson, J. C. (2008). Parent involvement in homework: A research synthesis. Review of Educational Research. https://doi.org/10.3102/0034654308325185

Patrikakou, E. (2015). Relationships among Parents, Students, and Teachers: The Technology Wild Card. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.883

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal.

Syah, R. H. (2020). Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Vasquez, A. C., Patall, E. A., Fong, C. J., Corrigan, A. S., & Pine, L. (2016). Parent Autonomy Support, Academic Achievement, and Psychosocial Functioning: a Meta-analysis of Research. In Educational Psychology Review. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9329-z

Wang, W., Dong, Y., Liu, X., Bai, Y., & Zhang, L. (2020). The effect of parents’ education on the academic and non-cognitive outcomes of their children: Evidence from China. Children and Youth Services Review. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105307

Wijayanto, S., Handani, D. F., Wardana, A. E., & Hajron, K. H. (2020). Aktivitas di Sekolah Diliburkan saat Pendemi COVID-19: Bagaimana Pembelajaran yang Dilakukan? Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4461

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .