Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memetakan dan menganalisis muatan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dalam buku teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Sumber data primer adalah buku teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IX SMP edisi revisi 2018. Unit analisis dalam penelitian ini muatan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila yang tersebar dalam semua bagian buku. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis dalam kerangka muatan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila yang ada di dalam buku teks. Pemeriksaan keabsahan data melalui validitas semantik, reliabilitas inter-rater, dan expert review. Kesimpulan penelitian ini secara umum mengidentifikasi muatan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dengan pola tersebar dan pembobotan yang beragam. Dalam upaya mendukung terwujudnya Profil Pelajar Pancasila, penelitian ini merekomendasikan pemerintah untuk menyesuaikan konten dan muatan agar lebih representatif serta relevan dengan capaian pembelajaran yang terbaru.
References
Adi, Y. K. (2018). Analisis Muatan Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas III SD Semester 1. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 23. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3754
Arifin, M. (2018). Pendidikan Karakter dalam Perspektif YAM. Deepublish.
Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 226–239. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.17378
Ayudi, M. D. (2019). Analisis Muatan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Buku Teks PPKn Kurikulum 2013: Studi Deskriptif Buku Teks PPKn SMA Kelas X Kurikulum 2013. Universitas Pendidikan Indonesia.
Caraswati, S. (2014). Analisis Isi Buku Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Pada Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Denni, A., & Pratomo, T. P. (2020). Learning 5.1. (P. Benedanto, Penyunt.). Kepustakaan Populer Gramedia.
Fathurrohman, P., Suryana, A., & Fatriani, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. (A. Gunarsa, Penyunt.). PT Refika Aditama.
Haryati, T., & Khoiriyah, N. (2017). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15493
Hasudungan, A. N., & Abidin, N. F. (2020). Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah (SNPS UNS 2020), 3(2), 34–42.
Hermawan, B. (2021). Soekarno Inspirasi Nadiem Rumuskan Profil Pelajar Pancasila. https://republika.co.id/berita/qvh04w354/soekarno-inspirasi-nadiem-rumuskan-profil-pelajar-pancasila
Hidayah, Y., Suyitno, S., & Ali, Y. F. (2021). A Study on Interactive–Based Learning Media to Strengthen the Profile of Pancasila Student in Elementary School. JED (Journal of Etika Demokrasi), 6(2), 283–291.
Insasi, A., & Murdiono, M. (2019). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter dalam Buku Teks Mata Pelajaran PPKn Kelas VII. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum, 8(7), 703–706.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 257–265.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Kristiyono, A. (2013). Analisis Isi (Content Analysis) pada Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP. Universitas Negeri Semarang.
Lickona, T. (2016). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. (U. Wahyudin & Suryani, Eds.). Bumi Akasara.
Mardikarini, S., & Suwarjo, S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 261–274. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12057
Mumpuni, A. (2018). Integrasi nilai karakter dalam buku pelajaran: Analisis konten buku teks kurikulum 2013. Deepublish.
Mumpuni, A., & Masruri, M. S. (2016). Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 17–28. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10728
Rahayuningtyas, I. D., & Mustadi, A. (2018). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 123–139. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21848
Riyanto, A. (2020). 6 Profil Pelajar Pancasila Program Penguatan Pendidikan Karakter. AMONG GURU. https://www.amongguru.com/6-profil-pelajar-pancasila-program-penguatan-pendidikan-karakter/
Rohman, F., & Munir, A. A. (2018). Membangun Kerukunan Umat Beragama dengan Nilai-Nilai Pluralisme Gus Dur. An-Nuha, 5(2), 155–172.
Siswanto, R. (2021). Profil Pelajar Pancasila Mewujudkan Program Nawacita. Suyanto.Id. https://suyanto.id/profil-pelajar-pancasila-mewujudkan-program-nawacita/
Solehudin, I. (2019). Analisis Buku Teks PPKn Kelas VII dalam Perspektif Penguatan Pendidikan Karakter. Universitas Pendidikan Indonesia.
Syabrina, M. (2017). Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Karakter. Madrasah, 10(1). https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i1.5093
Utami, L. D. (2019). Penjelasan Nadiem Makarim Tentang Pendidikan Karakter. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/nasional/2019/11/30/penjelasan-nadiem-makarim-tentang-pendidikan-karakter
Wakhidah, H., & Setiawan, D. (2015). Analisis Kelayakan Buku Teks Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII Kurikulum 2013. JURNAL TEMATIK, 4(3), 235–246. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jt.v4i03.3164
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .