Traditional Wisdom in Cikondang Traditional Village: A Study of Sabilulungan's Value
Pdf

Keywords

Kajian Nilai
Kearifan Lokal Sabilulungan
Kampung Adat

How to Cite

Istianti, T., Maryani, E., & Maftuh, B. (2022). Traditional Wisdom in Cikondang Traditional Village: A Study of Sabilulungan’s Value. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 10–21. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6256

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam kearifan lokal Sabilulungan di kampung adat Cikodang. Gerakan pengembangan kearifan lokal mengutamakan karakter gotong royong, persatuan dan kebersamaan untuk menciptakan hubungan relasi sosial yang harmonis. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengungkap data secara mendalam yang ada di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Responden terdiri dari sesepuh atau tokoh adat, warga kampung adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sabilulungan merupakan salah satu kearifan lokal yang ada di masyarakat Sunda yang menekankan pada prinsip kerukunan hidup. Selain itu, nilai kearifan lokal Sabilulungan yaitu gotong-royong, kesatuan, kebersamaan, keadilan dan kemanusiaan. Nilai kearifan lokal Sabilulungan di kampung adat Cikondang terbukti mampu menjaga harmonisasi dalam aktivitas gotong-royong dalam kesehariannya dan di setiap tradisi adat dilandasi spontanitas. Konsep Sabilulungan dalam dunia pendidikan dalam rangka membantu seseorang mencapai pembentukan karakter yang menghasilkan generasi yang memiliki watak, kepribadian, serta peradaban yang bermartabat.

https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6256
Pdf

References

Abdul Jamil Wahab, (2014) Manajemen Konflik Keagamaan Analisisi Latar Belakang Konflik Keagamaan Aktual. Jakarta: Elex Media Komputindo Kompas-Gramedia

Aprianto, Y., Pardede, I.A., & Fernando, E.R. (2008).Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Sumber Daya Air Yang Berkelanjutan. Bogor: Institute Pertanian Bogor.

Barbara S. Tint & G. Koteswara P. (2007). Peace Education in India: Academics Politics and Peace. Jurnal The Canadian Journal of Peace and Conflict Studies

Budiana, H. R., Bajari, A., & Mulyawan, R. (2020). Transformasi Nilai Sabilulungan dalam aktivitas komunikasi pelayanan publik di Pemerintahan Kabupaten Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 42-56.

Colleta, Nat J. 1987. Kebudayaan dan Pembangunan, Sebuah Pendekatan Terhadap Antropologi Terapan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor.

Dewantara, Ki Hadjar. (2004). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa

Emilda, N., Rohaeni, A., & Wanda. (2018). Potensi Budaya Rupa Kampung Adat Cikondang Kabupaten Bandung sebagai Sumber Etnopedagogi Karakter Masyarakat. Narada, Jurnal Desain & Seni, 5(3), 291057..

Herlambang, Y T. (2015). “Pendidikan Kearifan Etnik dalam Mengembangkan Karakterâ€. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7, (1), 40-50.

Indrawardana, I. (2012). Kearifan Lokal Adat Masyarakat Sunda dalam Hubungan dengan Lingkungan Alam. Komunitas: International Journal of Indonesian Society And Culture 4(1): 32-34.

Keraf, A.S. (2002). Etika Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Mungmachon, R. (2012). Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure. Ubun Ratchathani University, Thailand, Vol. 2(13).

Naser (2020). Sabilulungan Milik Masyarakat Sunda. Sumber: Protokol dan Komunikasi Pimpinan. Diakses tanggal 28 April 2021

Nasution, Z. (2009). Solidaritas Sosial dan Partisipasi Masyarakat Desa Transisi: Suatu Tinjauan Sosiologis. UMM Press.

Ni Ketut Agustini, I Wayan Sujana, I Ketut Adnyana Putra. (2019). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol 2, No.1

Nurnisa Dewanta, Wibowo Budi (2014). Penerapan Manajemen Konflik Berbasis Sekolah Studi Kasus Di Dua Sekolah. Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan Vol 2, No.1, hlm. 93

Praja, Juhaya S. (ed.). 2005. “Hukum Islam dalam Tradisi dan Budaya Masyarakat Sundaâ€, dalam Pergumulan Islam Dengan Kebudayaan Lokal di Tatar Sunda. Cetakan ke-1. Bandung: Kaki Langit.

Rahmawaty, U., & Maharani, Y. (2014). Pelestarian Budaya Indonesia Melalui Pembangunan Fasilitas Pusat Jajanan Tradisional Jawa Barat (Doctoral dissertation, Bandung Institute of Technology).

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi ( Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Teori Sosial Postmodern). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rokeach, M. (1973). The Nature of Human Value. New York: Free Press

Rozy, M. I. A., Rusyana, Y., & Ristiani, I. (2022). Etnopedagogi dan Pendidikan Karakter dalam Cerita “Raden Aria Cikondangâ€. Dinamika, 5(1), 42-50.

Schott, R. M., & Søndergaard, D. M. (Eds.). (2014). School bullying: New theories in context. Cambridge University Press.

Sibarani, R (2012). Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).

Stevenson, N. (2003). Cultural Citizenship.Cosmopolitan Questions.Issues in Cultural and Media Studies. Berkshire: Open University Press.

Sue McGregor. (2014). Prospective Philosophical Foundations of Peace Education.Journal of peace education and social justice. Vol 8 Number 2

Sungkharat, U., dkk. (2010). Local Wisdom: The Development of Community Culture and Production Processes In Thailand. International Business & Economic Research Journal. Vol. 9(11),

Sutarman, U. (2017). Penerapan Konsep Kearifan Lokal Masyarakat Sunda (sabilulungan) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, vol. 1 no. 1 / 2017.

Toharudin, U & Kurniawan, S. (2017). Sundanese Cultural Values of Local Wisdom: Integrated to Develop a Model of Learning Bilogy. International Jornal of Science Basic and Applied Research (IJSBAR). ISSN 2307-4531

Warto, (2014), Budaya Lokal sebagai Wahana Pelestarian Nilai Kesetiakawanan Sosial, Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, Edisi 13 No 4 Desember 2014.

Yamani, M. 2011. Strategi Perlindungan Hutan Berbasis Hukum Lokal di Eman Komunitas Adat Daerah Bengkulu. Jurnal Hukum. Vol. 18 (2). 175-192.

Yulianti, I. (2015). Pewarisan Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Adat Cikondang Dalam Pembelajaran Sejarah Di Madrasah Aliyah Al-Hijrah. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 1(1), 112-133.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .