Abstract
Penyandang disabilitas adalah bagian dari masyarakat yang memiliki hak yang wajib dihormati, dilindungi dan dipenuhi, termasuk hak mendapatkan pendidikan. Kampus inklusi berupaya mewujudkan pemenuhan pendidikan tinggi bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situasi kontemporer penyandang disabilitas di lingkup perguruan tinggi Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan telaah literatur, yang bekerja dengan memilih artikel melalui proses penyaringan pada tahun 2020-2021. Proses telaah dilakukan pada database online yaitu Proquest. Ada sepuluh artikel yang ditelaah yang sesuai dengan kriteria inklusi. Berdasarkan analisis dari artikel tersebut ada beberapa komponen tantangan dalam mewujudkan kampus inklusi. Pertama, pandangan masyarakat dan diskriminasi yang menilai bahwa prasyarat mutlak untuk mewujudkan visi hidup secara optimal adalah dengan memiliki kesempurnaan tubuh. Kedua, perlunya dorongan bagi pemangku kebijakan untuk memenuhi sarana, prasarana serta sumber daya manusia serta kebijakan dalam menyelenggarakan kampus inklusi. Ketiga, manajemen pembelajaran dan sumber daya manusia. Keempat, aksesibilitas layanan kampus yang ditujukan untuk melampaui prasyarat formal sebuah perguruan tinggi dalam menerapkan konsep kampus inklusi.
References
Andayani, A., & Afandi, M. (2019). Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas Penyandang Disabilitas Dalam Mengakses Pendidikan Tinggi. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(2), 153. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i2.1178
Glicksman, S. (2020). The Makor College experience: Successes and challenges in the first years of a college experience program for individuals with intellectual disability. Int J Child Health Hum Dev, 13(4), 341–346.
Harrington, E. E., Santos, G. O., & Potvin, M.-C. (2021). Postsecondary Education Students with Disabilities’ Perceptions of Occupational Therapy-Led Coaching. The Open Journal of Occupational Therapy, 9(2), 1–13. https://doi.org/10.15453/2168-6408.1790
Isrowiyanti. (2013). Mewujudkan Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Ramah Difabel. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 34(1), 47–60.
Kamanzi, P. C., Goastellec, G., & Pelletier, L. (2021). Mass University and Social Inclusion: The Paradoxical Effect of Public Policies. Social Inclusion, 9(3), 32–43. https://doi.org/10.17645/si.v9i3.4165
Kanter, A. S. (2011). The law: What’s disability studies got to do with it or an introduction to disability legal studies. Columbia Human Rights Law Review, 42(2), 403–479.
Karellou, J. (2019). Enabling disability in higher education. A literature Review. Journal of Disability Studies, 5(2), 47–54.
Lolytasari. (2016). Penerapan Rumah Difabeldalam Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. 3(May), 0-12. http://doi.org/10.13140/RG.2.1.1707.0967
MartÃÂnez-Hernández, A.-I., & Bellés-Fortuño, B. (2021). Accommodating the Syllabus to Visually Impaired Students in the English Language Classroom. International Journal of English Studies, 21(1), 75–92. https://doi.org/10.6018/ijes.438891
McArthur, J. (2021). The Inclusive University: A Critical Theory Perspective Using a Recognitionâ€ÂBased Approach. Social Inclusion, 9(3), 6–15. https://doi.org/10.17645/si.v9i3.4122
Morgado, B., Cortés-Vega, M. D., López-Gavira, R., ÃÂlvarez, E., & Moriña, A. (2016). Inclusive Education in Higher Education? Journal of Research in Special Educational Needs, 16, 639–642. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12323
Moriña, A. (2017). Inclusive education in higher education: challenges and opportunities. European Journal of Special Needs Education, 32(1), 3–17. https://doi.org/10.1080/08856257.2016.1254964
Muhibbin, M. A., & Hendriani, W. (2021). Tantangan Dan Strategi Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi di Indonesia: Literature Review. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 92–102.
Pérez-Jorge, D., Ariño-Mateo, E., González-Contreras, A. I., & del Carmen RodrÃÂguez-Jiménez, M. (2021). Evaluation of Diversity Programs in Higher Education Training Contexts in Spain. Education Sciences, 11(5), 226. https://doi.org/10.3390/educsci11050226
Poole, A. H., Agosto, D., Greenberg, J., Lin, X., & Yan, E. (2021). Where Do We Stand? Diversity, Equity, Inclusion, and Social Justice in North American Library and Information Science Education. Journal of Education for Library and Information Science, 62(3), 258–286. https://doi.org/10.3138/jelis.2020-0018
Pratomo, D. T., Sudarsono, & Fadli, M. (2015). Pelaksanaan Perlindungan Hak Atas Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas (People With Disability) di Universitas Negeri Gorontalo. Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum, 1–27.
Ro’fah, Andayani, & Muhrisun. (2010). Pada Pendidikan Tinggi: Best Practicies Pembelajaran Dan Pelayanan Adaptif Bagi Mahasiswa Difabel Netra. Pusat Study dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga.
Nurita, D. (2021). Penyandang Disabilitas Masih Kesulitan Akses Pendidikan Inklusif. https://nasional.tempo.co/read/1534837/penyandang-disabilitas-masih-kesulitan-akses-pendidikan-inklusif/full&view=ok
Sapuro, J. T. (2016). Republik Indonesia. 2016. UU No 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5871. Euphytica, 18(2), 22280. http://dx.doi.org/10.1016/j.jplph.2009.07.006%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.neps.2015.06.001%0Ahttps://www.abebooks.com/Trease-Evans-Pharmacognosy-13th-Edition-William/14174467122/bd
Shaewitz, D., & Crandall, J. R. (2020). Higher Education’s Challenge: Disability Inclusion on Campus. https://www.higheredtoday.org/2020/10/19/higher-educations-challenge-disability-inclusion-campus/
Thompson, S. (2021). The Need and Desire for Inclusive Universities: A Perspective from Development Studies. Social Inclusion, 9(3), 27–31. https://doi.org/10.17645/si.v9i3.4096
The Convention on the Human Rights of Persons with Disabilities and the Optional Protocol to the Convention., (2007).
Victoria, S., Watkins, A., & Ebersold, S. (2017). 2017Inclusive Education for Learners with Disabilities. European Agency for Special Needs and Inclusive Education. https://www.europarl.europa.eu/RegData/etudes/STUD/2017/596807/IPOL_STU(2017)596807_EN.pdf
Wilcox, G., Fernandez Conde, C., & Kowbel, A. (2021). Using Evidence-Based Practice and Data-Based Decision Making in Inclusive Education. Education Sciences, 11(3), 129. https://doi.org/10.3390/educsci11030129
Wisbey, M. E., & Kalivoda, Karen. S. (2016). College students with disabilities. In M. J. Cuyjet, M. Howard-Hamilton, & D. L. Cooper (Eds.), Multiculturalism on Campus: Theory, Models, and Practices for Understanding Diversity and Creating Inclusion (pp. 328–349). Stylus Publishing.
Wren Butler, J. (2021). Legibility Zones: An Empirically-Informed Framework for Considering Unbelonging and Exclusion in Contemporary English Academia. Social Inclusion, 9(3), 16–26. https://doi.org/10.17645/si.v9i3.4074
Yusuf, M. (2015). Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi: Antara Peluang dan Tantangan. Jurnal Islamika, 15(2), 163–172.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .