Penguatan Karakter Bela Negara di Era Revolusi Digital Melalui Pendidikan Kewarganegaraan
Pdf

Keywords

Era Revolusi Digital
Karakter Bela Negara
Pendidikan Kewarganegaraan

How to Cite

Subagio, H., Yulianto, W. W. E., Prasetyo, D., & Muharam, R. S. (2022). Penguatan Karakter Bela Negara di Era Revolusi Digital Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 79–93. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6886

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi sebagai sarana penguatan karakter bela negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data primer berasal dari wawancara, dokumentasi, observasi, serta data kuesioner, sedangkan data sekunder dari referensi ilmiah yang diambil dari web, buku, dan jurnal ilmiah. Upaya yang dilakukan dengan cara memanfaatkan media sosial sebagai sarana edukasi masyarakat terkait dengan pemahaman materi pendidikan kewarganegaraan dan memanfaatkan media sosial untuk menggunggah bukti aktualisasi nyata bela negara, sehingga memberikan inspirasi bagi warga negara lainnya. Selain itu mahasiswa mampu menganalisis berdasarkan kasus-kasus yang disajikan bahwa perilaku warganet di sosial media merupakan bagian dari upaya bela negara di era digital. Terbukti 207 responden menjawab bahwa yang dilakukan oleh warganet terhadap berbagai kasus merupakan bagian dari upaya bela negara. Selanjutnya 11 responden menjawab tidak dan 14 responden menjawab ragu-ragu. Hal yang dilakukan warganet di media social dengan memberikan komentar pembelaan apabila terdapat pemberitaan yang merugikan nama baik Indonesia dan dukungan moral.

https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6886
Pdf

References

Ahyati, A. I., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Bela Negara di Era Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal on Education, 03(03), 236–247.

Al Munawaroh, S. Z., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 3(4), 291–298. https://doi.org/10.31004/joe.v3i4.377

Budiyono, B. (2017). Memperkokoh Ideologi Negara Pancasila Melalui Bela Negara. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1148

Gredinand, D. (2017). Penerapan pendidikan bela negara di perguruan tinggi. Jurnal Prodi.Idu.Ac.Id, 1–27.

Hidayahl, Y., Retnasari, L., & Ulfah, R. A. (2020). Membangun Sikap Bela Negara Mahasiswa Melalui Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37329/ganaya.v3i1.424

Hidayat, N., Widyaningrum, N., & Sarjito, A. (2021). Literasi Digital dan Bela Negara: Sebuah Upaya Untuk Mencegah Hoax Dalam Sistem Pertahanan Negara. Nusantara: Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 32–41.

Kariadi, D. (2019). Revitalisasi Nilai-Nilai Edukatif Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Masyarakat Berwawasan Global Berjiwa Nasionalis. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 1(1), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.26737/jpipsi.v1i1.112

Matondang, E. (2015). Kurikulum Bela Negara Di Tingkat Pendidikan Tinggi: Prospektif Ketimpangan Dalam Sistem Pertahanan Indonesia the Defending the State Curriculum in High Education Level: the Prospective of Imbalances in Indonesian Defense System. Jurnal Pertahanan.

Nasucha, J. A. (2016). Pendidikan Islam Dan Tantangan Globalisasi. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 205-218.

Nasution, R. N. (2017). Effect of the Development of Communication Information Technology on Local Cultural Existence - Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 30–42. http://eprints.umpo.ac.id/5056/1/%28artikel%29 Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal.pdf

Noor, A. F. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan melalui Program Bela Negara: Perspektif Mahasiswa Mencintai Tanah Air dan Bangsa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya). Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pedagogik.v11i2.417

Permana, D. S. (2018). Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Pengembangan Semangat Bela Negara Mahasiswa. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 1(1), 62–67. https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.144

Rahayu, S. K. (2021). Penguatan Kesadaran Bela Negara Pada Remaja Milenial Menuju Indonesia Emas. Pedagogika, 12(Nomor 2), 134–151.

Republik Indonesia. (2002). Undang-Undang Dasar 1945. Republik Indonesia.

Rudiana, P. A. (2019). UPN “Veteran†Yogyakarta, Universitas Negeri Berlandaskan Bela Negara. Idntimes. https://jogja.idntimes.com/life/education/pito-agustin-rudiana/upn-veteran-yogyakarta-universitas-negeri-berlandaskan-bela-negara/3

Setiyono KY. (2017). Bela Negara dalam Perspektif Strategi dan Kebijakan Pertahanan Negara. Majalah Wira Edisi Khusus 2017 Puskom Publik Kemhan, 8.

Sumawijaya, S., & Berantas, S. (2018). Upaya Bela Negara Melalui Pendidikan Sejarah. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 5(3), 43–62. https://doi.org/https://doi.org/10.33172/jpbh.v5i3.369

Tito Adam. (2022). Pengguna Medsos Indonesia Mendominasi, Potensi Perkembangan Misinformasi dan Hoaks Meningkat. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/titoadam/6213b9e1dd3943642f1d55c5/pengguna-sosial-media-indonesia-mendominasi-selama-setahun-terakhir-potensi-perkembangan-misinformasi-dan-hoax-meningkat?page=all#section2

TuguJogja. (2018). Ratusan Mahasiswa UPN Veteran Digembleng Bela Negara. Kumparan.Com. https://kumparan.com/tugujogja/ratusan-mahasiswa-upn-veteran-digembleng-bela-negara-27431110790559657/full

Umra, S. I. (2019). Penerapan Konsep Bela Negara, Nasionalisme Atau Militerisasi Warga Negara. Jurnal Lex Renaissance, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20885/jlr.vol4.iss1.art9

Wahyu Beny Mukti Setiawan. (2020). Meneropong Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi. LLDIKTI V dan Kopertais III.

Wibisono, G. (2017). Media Baru dan Nasionalisme Anak Muda: Pengaruh Penggunaan Media Sosial ‘Good News From Indonesia’ Terhadap Perilaku Nasionalisme. Jurnal Studi Pemuda, 6(2), 590–604. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39264

Wijayanto J., R., & Marzuki, M. (2018). Pendidikan Bela Negara Sebagai Tonggak Peradaban Jiwa Patriotisme Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 186. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um019v3i2p186-191

Zuhri, S. (2020). Pentingnya Budaya Literasi Media dan Aktualiasi Bela Negara Generasi Milenial. Public Administration Journal Of Research, 2(4), 394–405.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .