Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Gotong Royong
Pdf

Keywords

Pola Asuh Demokratis
Kecerdasan Emosional
Gotong-Royong

How to Cite

Faradisa, E., Supriyono, & Atok, A. R. A. (2022). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Gotong Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6931

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuktikan ada tidaknya hubungan pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional dengan perilaku gotong royong pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasional yang dianalisis menggunakan teknik analisis data persentase, spearman rank, dan logistik ordinal. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi atau p-value yang didapatkan sebesar 0,000 < α sebesar 0,05. Maka H0 ditolak, artinya pada tingkat kepercayaan 95% pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional memiliki hubungan signifikan dengan perilaku gotong royong pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang. Pentingnya mental gotong royong berangkat dari pandangan bahwa nilai penting kualitas seseorang hanya menemukan kepenuhan makna dalam jaringan kerja sama dengan yang lainnya. Karenanya, usaha membangun mental gotong royong memerlukan berbagai usaha yang dilakukan secara konsisten, berkelanjutan, dan terpadu. Dalam implementasinya, usaha-usaha tersebut tidak boleh dilakukan dengan pendekatan vertikal saja, namun juga dengan pendekatan horisontal yang melibatkan semua pihak mulai dari keluarga, sekolah, masyarakat, media massa, pekerja budaya, dunia usaha, dan pemerintah.

https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6931
Pdf

References

Aisyi, F. R. N., & Djamhoer, T. D. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial pada Siswa SMA di Kota Bandung. Jurnal Psikologi, 6(2), 842. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/171.

Anggraeni, N., Andriani, S. S., Muliawati, S., & Faozi, C. (2018). Pola Asuh Demokratis untuk Mengembangkan Perilaku Altruisme Anak di Era Global. Journal of Innovative Counseling, 2(2), 61–62. Retrieved from https://umtas.ac.id/journal/index.php/innovative_counseling/issue/view/27.

Fachrudin, Y. (2020). Penyelenggaraan Program Akselerasi Bagi Anak Berbakat di Smart Ekselensia Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 3(1), 96–97. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/171.

Faedlulloh, D., Meutia, I. fitri, Yulianti, D., & Karmilasar, V. (2021). Gotong Royong Digital: Praktik Baru Solidaritas Warga di Era Pandemi. Jurnal Jantria, 16(1), 3. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/33367/.

Ghufron, M. N. (2016). Peran Kecerdasan Emosi dalam Meningkatkan Toleransi Beragama. Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 4(1), 141–142. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/viewFile/1664/pdf.

Husada, A. K. (2017). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 270–271. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/160.

Irfan, M. (2017). Metamorfosis Gotong Royong dalam Pandangan Konstruksi Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 4(1), 3–4. Retrieved from http://journal.unpad.ac.id/article/view/14204.

Maghfiroh, R. L., & Suwanda, I. M. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial Siswa di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(1), 199. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/GSA.

Mahardika, M. N., Trisiana, A., Widyastuti, A., Juhaena, J. S., & Kirani, R. M. A. (2020). Strategi Pemerintah dan Kepatuhan Masyarakat Dalam Mengatasi Wabah Covid-19 Berbasis Semangat Gotong Royong. Jurnal Global Citizen, 10(1), 48. Retrieved from http://jurnalnu.com.

Mujiwati, Y. (2017). Peranan Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Ilmiah Edukasi Dan Sosial, 8(2), 168. Retrieved from http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/102

Nashihin, H., & Dewi, P. A. (2019). Tradisi Islam Nusantara Perspektif Pendidikan Multikultural. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 429–433. Retrieved from http://jurnalnu.com.

Noya, A. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Perilaku Prososial Siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 22–23. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/25.

Perbowosari, H. (2016). Peran Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan, 1(1), 168. Retrieved from http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/PN/article/view/213.

Permana, B. I., & Mursidi, A. (2020). Peranan Nilai Gotong Royong Sebagai Bentuk Penerapan Sila Ketiga Pancasila di Desa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraa, 8(1), 14. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship.

Pertiwi, R. E. (2018). Pendekatan Eksistensial Humanistik Berbasis Nilai Budaya Gotong Royong untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, 2(1), 56. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/461.

Rimayati, E., Handayani, D. A. K., Sayekti, S., & Redjeki, S. (2021). Efektivitas Peran Keluarga dalam Perkembangan Teknologi Digital. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 31–32. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1546.

Scorsinni, C., Manurung, Y. S., Erick, & Pasaribu, J. C. (2020). Perilaku Prososial Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional pada Siswa Kelas X SMA Swasta Sultan Iskandar Muda. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi, Dan Kesehatan, 1(3), 234. Retrieved from http://www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/46.

Setianingrum, M. E. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Perilaku Prososial pada Remaja Akhir di SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Widya Sari Press, 3(7), 3. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.09.003.

Sisrazeni. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional dan Sikap Keberagaman Mahasiswa Batusangkar. Jurnal Psikologi, 3(2), 323. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/5627.

Sulistiyana. (2017). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Fitrah, 1(2), 9. Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/1435/.

Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Bengkulu: CV Zigie Utama.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .