Integrasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Budaya Sekolah Islam bagi Karakter Peserta Didik
PDF

Keywords

Karakter Religius
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Budaya Sekolah Islam

How to Cite

Azzahra, T., & Prasetiyo, W. H. (2022). Integrasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Budaya Sekolah Islam bagi Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7319

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih mengalami berbagai masalah yang krusial diakibatkan merosotnya nilai-nilai karakter. Sehingga, untuk mencegah terjadinya dekadensi moral dibutuhkan karakter religius melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Budaya Sekolah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Budaya Sekolah Islam di dalam memperkuat karakter religius. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan integrasi Budaya Sekolah Islam memengaruhi penguatan karakter religius bagi peserta didik. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang terdapat di dalam kelas maupun di luar kelas bervariasi dan tidak monoton. Guru mengkombinasikan penyampaian materi dikaitkan dengan ayat-ayat Al-Qur’an, sehingga mendorong internalisasi karakter religius dalam diri peserta didik. Studi ini merekomendasi penguatan nilai-nilai karakter dapat berhasil apabila terjalin kerja sama di antara pihak sekolah, guru, dan peserta didik.

https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7319
PDF

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .