Analisis Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Masa Pandemi Covid-19
PDF

Keywords

Pendidikan Karakter
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pandemi Covid- 19

How to Cite

Wijayanti, D., Pratomo, W., & Fitri, H. S. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 130–139. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di masa pandemi Covid-19, 2) Mengidentifikasikan kendala dan 3) Menemukan solusi dalam menerapkan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan dilaksanakan bulan Oktober 2021-Mei 2022. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian adalah (1) proses penerapan pendidikan karakter dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  melalui aktivitas pembelajaran. (2) kendala yang ditemukan yaitu setiap siswa memiliki karakter yang berbeda, sehingga tidak semua siswa bisa menerapkan nilai karakter yang diajarkan dan keterbatasan waktu. (3) Solusi untuk Penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di masa pandemi Covid- 19 pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Manggar Belitung Timur yaitu memberikan pengarahan kepada siswa untuk selalu menerapkan nilai – nilai karakter yang telah diajarkan. Kemudian melakukan kerja sama yang baik dengan orang tua.

https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7405
PDF

References

Akhwani, & Romdloni, M. A. (2021). Character Education during the Covid-19 Pandemic in Elementary School. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12.

Fadilah. (2021). Pendidikan Karakter. Jawa Timur: CV AGRAPANA Media.

Fatimah, S.(2022). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Ut, V:23 No 1.

Daga, A.T. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume 10 No. 4.

Hadi, I. A. (2019). Pentingnya pendidikan karakter dalam lembaga formal. Jurnal Inspirasi, 3(1), 1–31.

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172.

Lickona, T. (2013). Educating for Character (Terjemahan; J. A. Wamaungo, ed.). New York: Bantam Books.

Maryati. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 5 Betung Kabupaten Banyuasin. Jurnal Guru Indonesia, 1(2), 13–23.

Nurdin. (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Min 4 Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi. Volume 02 Nomor 01 hal 25-33.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Nurkholis, I. (2022). Analisis Kelebihan dan Kekurangan dalam Pembelajaran Daring di SDN Pesanggrahan 01 Kota Batu Malang. Jurnal Tindakan Kelas . Volumes 2 No 2 Hal. 143-148.

Pratiwi, D. A. (2021). Konsep Dasar IPS. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication.

Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 115–124.

Saptono. (2021). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan, Strategi, Dan Langkah Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiawan, A. (2021).Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education,V:7 No.1

Seran, E. Y. (2021). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Surat Edaran Kemdikbud surat edaran No 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19)

Susilo, A., & Rumende, C. M. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–60.

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2003). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SD. Jurnal Metode Didaktik, 13(2), 87–98.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .