Penerapan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Project Citizen untuk Penguatan Karakter Gotong Royong
PDF

Keywords

Pembelajaran
Pendidikan Kewargnegaraan
Effective Citizen
Karakter
Gotong Royong

How to Cite

Abih Gumelar, Maftuh, B., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Project Citizen untuk Penguatan Karakter Gotong Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 37–45. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8318

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penerapan model pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) hal tersebut ditunjukkan dengan munculnya permasalahan yakni proses pembelajaran yang berlangsung menakutkan dan mencemaskan. Hal tersebut membuat peserta didik tidak senang, membosankan, tertekan, kaku, menegangkan, serta menjenuhkan, sehingga belum sepenuhnya mampu membina dan menguatkan  karakter gotong royong. Bertolak dari kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran serta analisis dari penerapan model pembelajaran PKn melalui Project Citizen dalam membangun karakter gotong royong. Subjek penelitiannya Mahasiswa/i yang telah belajar Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) PKn semester ganjil 2022 di Universitas Pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik  pengumpulan  data menggunakan observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menemukan, bahwa (1) penerapan Project Citizen dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan lebih unggul dan efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) mahasiswa/i memperoleh pengetahuan, pengalaman, keterampilan, dan mampu meningkatkan karakter gotong royong, walaupun masih ada beberapa yang belum; serta (3) model Project Citizen termasuk dalam paradigma Effective Citizen Model (Model Pendidikan Umum).

https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8318
PDF

References

Al Muchtar, S. (2016). Landasan Filsafat dan Sosial Budaya Pendidikan Guru. Bandung: UPI Press.

Budimansyah, D. (2009). Inovasi Pembelajaran “Project Citizen.” ABMAS: Media Komunikasi dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 82, 1–4.

Budiono, Marhamah, S. H. B., & Lutfiana, R. F. (2022). Analisis Karakter Gotong Royong dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 94-100.

Fahmi, R., Sundawa, D., & Ramdhani, H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 218–231.

Hakam, K. A. (2011). Pengembangan Model Pembudayaan Nilai-Moral dalam Pendidikan Dasar di Indonesia : Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 1 Kota Malang , Jawa Timur. Sosiohumanika, 4(2), 159–184.

Lickona, T. (2009). Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect And Responsibility. New York, Toronto, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Listyaningsih, L. (2022). Implementasi Karakter Gotong Royong Berbasis Online Collaborative Learning. Proceeding Umsurabaya, 1(1).

Maftuh, B. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134–144.

Maftuh, B. (2009). Bunga Rampai Pendidikan Umum dan Pendidikan Nilai. Bandung: CV. Yasindo Multi Aspek.

Manab, H. A. (2018). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter Pendekatan Konfluensi. Yogyakarta: Kalimedia.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.

Muniroh, N. (2019). Implementasi Nilai Nasionalisme dan Gotong Royong dalam Mata Pelajaran PKN di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika Islamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Kendal, 10(Nomor 1), 154–168.

Newton, R. R. (2000). Tensions And Models In General Education Planning. The Journal of General Education, 49(3), 165–181.

Pohan, J. E. (2019). Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia. Depok: Rajagrafindo Persada.

Saputra, T., & Budimansyah, D. (2022). Strengthening Character Education Through the Natural School Leadership Curriculum. Annual Civic Education Conference (ACEC 2021), 615–621.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .