Analisis Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Aspek Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
PDF

Keywords

Profil Pelajar Pancasila
Pembelajaran IPA
Sikap Ilmiah
Sekolah Dasar

How to Cite

Kumala, F. N. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Aspek Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 84–96. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Profil Pelajar Pancasila berdasarkan aspek sikap ilmiah dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Pada penelitian ini nilai Profil Pelajar Pancasila yang dianalisis adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, gotong royong, mandiri, dan bernalar kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian sebanyak 225 peserta didik. Instrumen yang digunakan lembar angket dan wawancara. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila yang terdapat pada aspek sikap ilmiah secara umum sudah cukup baik diantaranya nilai beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, gotong royong dan mandiri. Namun ada beberapa nilai Profil Pelajar Pancasila yang nilainya masih kurang diantaranya pada nilai beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia pada aspek kemampuan menjaga dan melestarikan lingkungan, kemampuan kemandirian khususnya regulasi diri dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Profil Pelajar Pancasila dapat dikembangkan melalui pembiasaan dalam pembelajaran.

https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8396
PDF

References

Agnafia, D. N., Fauziah, H., & Susdarwati, S. (2019). Analisis Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru IPA Pada Mata Kuliah Biologi Dasar I. Bio-Pedagogi, 8(2), 77. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.34929

Darmawan, N. H., Hilmawan, H., & Nurjanah, N. (2019). Analisis Sikap Ilmiah Peserta didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Mutiara Pedagogik, 4(2), 1–12.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Peserta didik Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181

Fakhruddin, Eprina, E., & Syahril. (2010). Sikap Ilmiah Peserta didik Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model. Jurnal Geliga Sains, 4(1), 18–22.

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.

Ilmiah, N., & Marzuki, I. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Jiwa Wirausahawan Pada Peserta Didik Fase B UPT SD Negeri 40 Gresik. Al Qodri, 4(1), 88–100.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Peserta didik di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138–151.

Kemendikbudristek. (2022). Nilai, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37.

Khoirillah, F., Cahyono, T., & ... (2022). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Projek Profil Pelajar Pancasila di SDN Banjaran 3 Kota Kediri. Prosiding …, 1026–1034. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2405%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/download/2405/1486

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687.

Marlina, R. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Lokal Dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 28–35. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2064

Nahastin, O. D., Parida, L., & Marwadani. (2020). Analisis Sikap Ilmiah Peserta didik Pada Penggunaan Mengaret Ketungau Tengah Pada Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.

Nandasari, I., & Restuati, M. (2019). Analisis Sikap Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Biology Education, 7(3), 105–114. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index

Nggano, H. E., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Society 5.0. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), h.1.

Novallyan, D., Safita, R., Gusfarenie, D., & Sumitro, S. (2021). Analisis Sikap Ilmiah Mahasiswa Pada Praktikum Mata Kuliah Biologi Umum Di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Biodik, 7(4), 177–182. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.16045

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.

Olasehinde, K. J., & Olatoye, R. A. (2014). Scientific Attitude, Attitude to Science and Science Achievement of Senior Secondary School Students in Katsina State, Nigeria. Journal of Educational and Social Research, 4(1), 445–452. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n1p445

Pitriyani, P., Pratomo, S., & Hendawati, Y. (2021). Analisis Sikap Ilmiah Peserta didik Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1495–1503.

Rahmadhani, F., Suryandari, K. C., & Susiani, T. S. (2021). Analisis Sikap Ilmiah Peserta didik Kelas Iv Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn 1 Tersobo Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.52522

Sarwono, S. . (2013). Psikologi Remaja. PT. Raja Grafindo.

Şener, N., Türk, C., & Taş, E. (2015). Improving Science Attitude and Creative Thinking through Science Education Project: A Design, Implementation and Assessment. Journal of Education and Training Studies, 3(4), 57–67. https://doi.org/10.11114/jets.v3i4.771

Sukaesih, S. (2011). . Analisis Sikap Ilmiah dan Tanggapan Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(1), 77–85.

Sulviana, A., Jufri, & Azizah, A. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8 ), Juni 2018 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8 ), Juni 2018. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 20–25.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Tursinawati. (2015). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Peserta didik Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA Di SDN Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan., 4(1).

Warsono. (2022). Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Conference of Elementary Studies, 631–640.

Yana, O., Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Nilai Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12861–12866.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .