Kegiatan Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar
PDF

Keywords

Kegiatan Adiwiyata
Karakter
Profil Pelajar Pancasila

How to Cite

Azizah, N. P. N., & Amalia, N. (2023). Kegiatan Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 46–63. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek identik dengan kurikulum merdeka belajar. Maka dari itu, sekolah diharuskan memiliki program untuk pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan adiwiyata dan mendiskripsikan kegiatan adiwiyata sebagai sarana penanaman profil pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan kegiatan adiwiyata Sekolah Dasar Negeri 12 Sragen menggunakan 3 prinsip yaitu edukasi, partisipasi dan berkelanjutan. Peran kegiatan adiwiyata dalam penanaman karakter profil pelajar Pancasila yaitu bahwa penerapan profil pelajar Pancasila  dalam penguatan karakter dapat dilaksanakan melalui kegiatan adiwiyata yaitu Beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia berdoa sebelum kegiatan. Berkebinekaan global yaitu dengan siswa mampu berinteraksi untuk menumbuhkan sikap  peduli terhadap lingkungan. Bergotong royong dengan melakukan kolaborasi antara warga sekolah dalam pembuatan pupuk kompos, dan melaksanakan piket yang terjadwal. Kreatif dengan inovasi kreasi seperti pot bunga, bunga plastik  dari bahan bekas. Bernalar kritis yaitu dengan membuang sampah sesuai dengan jenis kelompoknya dan kemandirian melalui kegiatan menanam dan merawat tumbuhan masing–masing.

https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422
PDF

References

Abdul, H. (2017). Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Anik, N., & Qoriati, M. (2019). Analisis Nilai Karakter Pada Siswa Sekolah Adiwiyata SD Negeri Pleburan 04 Semarang. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 6(2), 133–138. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i2.272

Astikasari, M., Fajrina, M. D., Fani, R. A., Utami, R. D., & Fitria, M. (2022). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Prefentif bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 175–183. https://doi.org/doi: 10.23917/bkkndik.v4i2.20449

Ekawati Edy Rafika. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Upaya Penanaman Nilai Sosial Siswa Sekolah Dasar Inpes Passuakkang Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Fella, S. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakkter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Fitri, K., Akhwani, Nafiah, & Mohammad, T. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10

Happy, F., & Samsia. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Program Sekolah Adiwiyata. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3541

Hidayat, G. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Media Pembentuk Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 376–396. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i04.37

Ika, D. C., Melisa, & Atik, R. (2021). Kontribusi Penghargaan Adiwiyata: Geografi Emosi Siswa Di Sekolah Berbasis Lingkungan. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, 2(2), 118–127.

Imas, K., Aiman, F., & Purwanti. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Indah, P. K., Bedjo, S., & Nurjannah. (2018). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDN Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. JGG: Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jgg.072.03

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Mega, R. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. JCMS, 5(1), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jcms.v5n1.p59-72

Meilin, L. N., & Iqnatia, A. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Nasional. (2014). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Lembaran Negara Republik Indonesia 2013, 2011, 12–26.

Novrian Satria, P. (2018). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dalam upaya pencegahan kenakalan remaja. Edutech, 17(1), 32–54. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/e.v1i1.9860

Nugraheni, R., Arita, M., Maratun, N., & Iis, N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Propertipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Nuri, D., & Supardan, D. (2016). Upaya Peningkatan Environmental Literacy Peserta Didik Di Sekolah Adiwiyata (Studi Inkuiri Naturalistik Di Sd Negri 138 Pekanbaru). Jurnal Socius, 5(2), https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v5i2.3331.

Putri, R. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD, 3(2), 201–214. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140.g1672

Ratna, W. (2016). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(1), 108–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33061/ww.v11i1.1334

Risky, N. (2016). Evaluasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendukung Ramah Lingkungan Pada Program Adiwiyata Di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Journal Student Uny, 5(5), 37.

Rizky Nur Aprilianto, & Arief, A. (2019). Sekolah Adiwiyata Dalam Dimensi Karakter Dan Mutu Pendidikan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 776–783.

Suyitno. (2018). Strategi Pembentukan Budaya Religius Untuk Meningkatkan Karakter Islami Di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 10(2), 191–204. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2310

Tantri, A. N., Sa’dun, A., & Sri, W. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57–70. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/

Utami, R. D. (2015). Penguatan Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Pensinergian Pendidikan Rumah Dan Sekolah. University Research Colloquium (URECOL), 120–127. http://hdl.handle.net/11617/5144

Yudo, F., & Syunu, T. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Adiwiyata Di Sma Negeri 1 Mejayan, Madiun. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3), 1–10.

Zulkipli, L., Siti, A., Wulandari, & Farhil, H. (2022). Pola Pembiasaan Karakter Siswa Dalam Menjaga Kebersihan. Journal of Islamic Education, 3(1), 66–80. https://doi.org/https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.445

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .