Pengembangan Prosocial Behavior Peserta Didik Jenjang Sekolah Menengah Pertama Melalui Teknik Bermain Peran
PDF

Keywords

Bimbingan Kelompok
Teknik Bermain Peran
Perilaku Prososial

How to Cite

Susanti, R. H., Andrianta, A., & Qurotaayunina, R. P. (2023). Pengembangan Prosocial Behavior Peserta Didik Jenjang Sekolah Menengah Pertama Melalui Teknik Bermain Peran. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 97–104. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran dalam meningkatkan perilaku prososial peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Aspek prosocial behavior yang dikembangkan meliputi empati, kemurahan hati, kerja sama, dan kepedulian. Tahapan kegiatan layanan bimbingan kelompok dalam penelitian ini meliputi: a) Tahap pembentukan (the formation stage); b) Tahap orientasi (the orientation phase); c) Tahap transisi (the transition stage); d) Tahap kerja (the working stage); e) Tahap konsolidasi (the consolidation stage); f) Evaluasi dan tindak lanjut (evaluation and follor-up issues). Dalam penelitian ini, digunakan desan pre-experimental, yakni one-group pretest and posttest. Subyek penelitian adalah peserta didik jenjang Sekolah MenengahPOertama dengan tingkat Prosocial Behavior rendah sebanyak 10 orang, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui skala prosocial behavior yang dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan skor prosocial behavior peserta didik dari kategori rendah menjadi sedang dan tinggi. Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.005 < 0,05 yang artinya penggunaan Teknik bermain peran dapat mengembangkan prosocial behavior peserta didik. Penggunaan Teknik bermain peran memberikan pengalaman langsung bagi peserta didik dalam membangun interaksi positif pada situasi tertentu agar memperoleh pemahaman peranannya dalam lingkup masyarakat.

https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8515
PDF

References

Arikunto, S. (2010a). Metode peneltian. In Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. In Ke-13.

Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2012). Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 33–42.

Beaty, J. J. (2013). Preschool appropriate practices: Environment, curriculum, and development. Cengage Learning.

Dahriani, A. (2007). Perilaku Prososial terhadap Pengguna Jalan (Studi Fenomenologis pada Polisi Lalu Lintas). Universitas Diponegoro.

Elfira, N. (2013). Peningkatan kemandirian belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Konselor, 2(1).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan dan Kelompok. Bandung: Refika Aitama

Kartner, J., Keller, H., & Chaudhary, N. (2010). Cognitive and Social Influences on Early Prosocial Behavior in Two Sociocultural Contexts. Developmental Psychology, 46 (4), 905–914.

Nuraeni, R. (2018). Bimbingan kelompok dalam meningkatkan resiliensi remaja panti asuhan: penelitian di Rumah Yatim Dhuafa Ar-Rifqi Komplek Panyileukan Blok K, 8/29 Cipadung Kidul Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pratiwi, E. P., Hanim, W., & Badrujaman, A. (2017). Pengaruh Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Toleransi Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 26 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 114-129.

Prayitno, E. A. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). In Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. In Jakarta: Rineka Cipta.

Romlah, T. (2013). Teori dan praktek bimbingan kelompok. In Malang: Universitas Negeri Malang.

Santoso, S. (2006). Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo.

Sari, I. K., & Siswati, S. (2017). Hubungan antara ketertarikan interpersonal dengan perilaku prososial pada remaja SMA Islam Hidayatullah Semarang. Jurnal Empati, 5(4), 711–716.

Sarwono, S W. (2012). Pengantar psikologi umum (EA Meinarno, Ed.). In Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sarwono, Sarlito W, & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi sosial. In Jakarta: Salemba Humanika (Vol. 77).

Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. In Yogyakarta: Bina Aksara.

Sukitman, Tri. (2015). Panduan Lengkap dan Aplikatif Bimbingan Konseling Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Diva Press

Suroso, Maramis, F., & Farid, M. (2020). Meningkatkan perilaku prososial pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui pembelajaran karakter: Bagaimana efektivitasnya?. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia. 9. 88-104. 10.30996/persona.v9i1.3214.

Taylor, S.E. Peplau, L.A. Sears, D.O. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyudi, R., & Kasih, F. (2021). Model Rancangan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Role Playing dalam Membantu Pencapaian Tugas Perkembangan Peserta Didik (Studi Deskriptif Analisis kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Padang Panjang). PEMA (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 14–21.

Winarlin, R., Lasan, B. B., & Widada, W. (2016). Efektivitas teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 68–73.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. (2004). Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan. In Yogyakarta: Media Abadi.

Yuliani, L., Dwikurnaningsih, Y., & Setyorini. (2019). Meningkatkan Perilaku Prososial melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Permainan (Games) pada Anak Asrama Sion Salatiga. Jurnal Pedadgogi dan Pembelajaran, 2(1), 33-39.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .