Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Trianah SD Negeri 1 Sumbergepoh Lawang
  • Pieter Sahertian Program Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4765

Abstract

Abstract

Learning outcomes are changes in behavior obtained by students after experiencing learning activities. Learning outcomes include three domains, namely cognitive, affective and psychomotor. High and low learning outcomes achieved by students are influenced by factors of the family environment, social environment, and the association of students with peers. This study aims to analyze the influence partially (individually) or simultaneously (together) between the family environment, social environment and peer relationships simultaneously on learning outcomes. The method used is quantitative with explanatory research types and research samples of 69 students or 31% of the population taken using proportional random sampling techniques. The results showed that the family environment Social environment and peer relationships affect learning outcomes

References

Anggrainy, S.S.D. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Tondano. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 3 (1)

Dharmayanti, W., & Munadi, S. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa SMP Ma-suk SMK di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (3): 405-419

Fitriani, & Karim, A. (2017). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya dan Relasi Siswa dalam Keluar-ga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMPN 4 Rumbio Jaya. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. 5 (1): 96-104

Hakim, T. (2011). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hidayat, A., dan Edidas. (2019). Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal VOTEKNIKA. 7 (4): 167-178

Hurlock, E.B. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Iqbal, M. (2018). Optimalisasi Ranah Afektif Melalui Pendidikan Kisah Islami. Thulula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 6 (2).

Jamaluddin. K, A., dan Rahman, A.A. (2019). Bimbingan orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak. ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal. 4 (2)

Jamil, H., & Azra, F.I. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa ter-hadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan. Journal of Eco-nomic and Economic Education. 2 (2): 85-98.

Nugroho, A.D. (2015). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI dan XII IPS 1 MAN 1 Madiun Tahun Ajaran 2014/2015. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi. 2 (2): 1-9

Patmonodewo, S. (2010). Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Permana, I.P.R.E. (2014). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Pembelajaran IPS Geografi di SMA Negeri 2 Palu. E-Journal Geo-Tadulako UNTAD. 2 (2): 1-15

Putri, E.N., Nirwana, H., dan Syahniar. (2018). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah Atas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia JPGI. 3 (2)

Rahayu, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 7 (2): 143-151

Rahayu, S. (2016). Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Sosiologi di SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan. 5 (1): 50-59

Rifa’i, A. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press

Saroinsong, P.S. (2019). Pengaruh Lingkunga Keluarga dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK N 1 Maesaan Minahasa Selatan. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 4 (1)

Saroni, M. (2011). Manajemen Sekolah Kita Menjadi Pendidik Yang Kompeten.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Setiawan, F.D. (2018). Menerapkan Revision Bloom’s Taxonomy Pada Tujuan Pembelajaran Umum Ranah Kognitif Kajian Persamaan Dasar Akuntansi. Equibrium Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 3 (2): 42-49

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sugiyanto. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sosial Ter-hadap Hasil Belajar IPS. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.: 72-79

Suprihatin, F. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Pertiwi Pontianak. JIPP: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5 (12): 1-13

Surya, H. (2010). Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul. Jakarta: Elex Media Komputindo

Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Umah, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas IV dan V MIN I Gresik. Tesis. Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2020-09-21

How to Cite

Trianah, & Sahertian, P. (2020). Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 7–14. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4765

Issue

Section

Articles