PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRANATA SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan sebuah bahan ajar Pranata Sosial yang valid dan sesuai dengan kajian teoritis. Bahan ajar yang dikembangkan di harapkan dapat menjadi bahan ajar yang bersifat praktis artinya dapat digunakan oleh siswa dan guru serta bersifat efektif artinya mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum. Hal ini diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dari kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh Bahan ajar yang saat ini digunakan khususnya di satuan pendidikan SMPN 2 Poncokusumo. Pengembangan bahan ajar Pranata Sosial Untuk Siswa SMP Kelas VIII dilakukan melalui penelitian pengembangan (research and development) Model R & D yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model yang mengacu pada pendapat Sa’dun Akbar yang tertuang dalam bukunya Instrumen Perangkat Pembelajaran edisi kedua tahun 2013. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Identifikasi masalah,Analisis kurikulum, Menyusun draft buku ajar, Revisi draft buku ajar,Uji coba buku ajar dalam praktik pembelajaran ,Uji kompetensi, Revisi buku ajar dan ,Produk final berupa buku teks yang lebih baik dan efektif untuk pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kriteria validitas ahli sebesar 85,79%. Dengan demikian berdasarkan kriteria yang di tetapkan bahan ajar memiliki validitas sangat valid. Hasil validasi pengguna sebesar 89,57 % dapat dikatakan bahwa bahan ajar Pranata Sosial sangat praktis atau dapat di gunakan. Sedangkan dari hasil uji kompetensi menunjukkan prosentase 60,54% untuk kelas kontrol dan 91,75 % untuk kelas eksperimen, dengan demikian bahan ajar Pranata Sosial yang dikembangkan efektif untuk untuk mencapai tujuan pembelajaran.
ÂÂ