PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT BERBASIS SPARKOL PADA POKOK BAHASAN PERUMUSAN DASAR NEGARA PADA MATA PELAJARAN PKN

Authors

  • Sri Sunarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media yang valid, praktis, efektif dan responsif. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengembangkan media dengan menggunakan metode penelitian pengembangan dengan langkah – langkah: ( 1 ) Menganalisis kebutuhan untuk identifikasi tujuan, ( 2 ) Melakukan analisis instruksional, ( 3 ) mengidentifikasi tingkah laku awal / karakteristik siswa, ( 4 ) merumuskan tujuan kinerja, ( 5 ) mengembangkan instrumen penilaian, ( 6 ) mengembangkan strategi pembelajaran, ( 7 ) perancangan produk, ( 8 ) Validasi ahli, ( 9 ) revisi berdasarkan validasi ahli, ( 10 ) uji coba lapangan, ( 11 ) revisi uji coba lapangan ( produk final ). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media power point berbasis sprkol terbukti sangat valid, validitasnya dari ahli media maupun ahli materi mendapatkan skor 82 % dari skor yang diharapkan dan masuk dalam tingkat sangat valid serta validasi pengguna memperoleh skor 84% dari skor yang diharapkan masuk dalam kategori cukup valid dan responsif siswa memperoleh skor 89%  dari skor yang diharapkan, masuk dalam kategori sangat valid juga berdasarkan tingkat efektifitas media dilakukan menggunakan Uji T dan diperoleh hasil yang signifikan pada hasil post test setelah menggunakan media sprkol. Oleh ahli media maupun ahli materi disarankan kepada penulis untuk disebarkan kepada guru dipergunakan dalam proses pembelajaran.

 

Downloads

How to Cite

Sunarni, S. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT BERBASIS SPARKOL PADA POKOK BAHASAN PERUMUSAN DASAR NEGARA PADA MATA PELAJARAN PKN. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(3), 363–372. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1687

Issue

Section

Articles