PENGARUH PENYEDIAAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN)

Authors

  • Mohammad Imam Syafi’ih

Abstract

Penyediaan fasilitas belajar dan Minat belajar merupakan alterntif strategi pembelajaran di sekolah, dimana didalamnya siswa serta membantu dalam permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan pada tiap-tiap mata pelajaran akan dapat mendorong siswa untuk mengembangkan seluruh potensinya secara optimal mengenai materi dan mencari jawaban persoalan maupun pertanyaan yang ada, sehingga hasil belajar disekolah semakin meningkat. Penelitian ini bertujun untuk: Mengetahui pengaruh minat belajar dan Penyediaan Fasilitas Belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi baik sendiri maupun bersama-sama SMA Negeri 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan (Studi Terhadap Siswa Kelas XII). Desain penelitrian berbentu korelasional dengan menggunakan Rumus regresi untuk menguji perbedaan yang signifikan antara variabel bebas secara parsial maupun secara ganda dengan analisis ANOVA, dengan menggunakan program komputer SPSS versi 17 dengan jumlah 61 Siswa Kelas XII sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif menenjukkan nilai probalitas 0,000 lebih kecil (<) dari 0,05 maka Ho ditolak, berarti penyediaan fasilitas belajar siswa dan minat belajar secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Studi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan).

Downloads

How to Cite

Imam Syafi’ih, M. (2017). PENGARUH PENYEDIAAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN). Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(1), 12–26. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1704

Issue

Section

Articles