PENGARUH LITERASI IPS, PERHATIAN ORANGTUA, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Authors

  • Leliana Arisfanti

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi di MTs Nurul Huda Paowan Situbondo, diketahui beberapa permasalahan sebagai berikut: 1) 25% siswa mendapat nilai di bawah KKM, 2) kemauan siswa dalam membaca dan menulis sangat kurang, 3) kurang perhatiannya orangtua dalam belajar siswa, 4) siswa cenderung kurang mandiri dalam belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi IPS, perhatian orangtua, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Paowan Kab. Situbondo tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh yang signifikan literasi IPS terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 2) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 3) Ada penaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dan 4) ada pengaruh yang signifikan secara simultan literasi IPS, perhatian orangtua, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS.

Downloads

How to Cite

Arisfanti, L. (2017). PENGARUH LITERASI IPS, PERHATIAN ORANGTUA, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(1), 44–54. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1706

Issue

Section

Articles