Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Kerja : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Endah Sujatiningtyas Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Kinerja Guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di madrasah dan bertanggung jawab atas peserta didik di bawah bimbingannya dengan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Guru berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Tugas pokok guru tersebut yang diwujudkan dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi guru secara simultandanparsial terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 Guru yang berasal dari Guru di SMP Negeri Winongan. Karena umlah populasi relatif kecil atau sedikit maka sampel yang digunakan oleh peneliti adalah sebanyak 45 orang, sesuai dengan populasi yang ada.Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah (X1), budaya organisasi X2), dan motivasi kerja (X3) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel kinerja guru (Y). Variabel supervisi kepala sekolah memiliki kontribusi terbesar terhadap kinerja guru yakni sebesar 0,058. Variabel supervisi kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi kerja mampu menjelaskan variabel kinerja guru sebesar 71,2%.

Downloads

Published

2020-09-21

How to Cite

Sujatiningtyas, E. . (2020). Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Kerja : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 12(1), 8–13. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4839

Issue

Section

Articles