Pengaruh Penyediaan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa

Authors

  • Martha M Pogram Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5489

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis adanya pengaruh penyediaan fasilitas dan miat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa SMA Negeri 2 Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dan bersifat eksplanasi dan dilakukan dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Taniwel,Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, sebanyak 167 siswa dengan sampel 47 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Analisis data menggunakan rumus regresi ganda dengan bantuan computer program SPSS. Sebelum dilakukan penelitian, istrumen diuji dulu tingkat validitas dan reliabilitas dengan rumus Cronbach Alfa. Uji regresi dilakukan dengan persyaratan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis parsial, angka adjusted R Square sebesar .583  yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penyediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa sebesar 58,3%.  Hasil analisis parsial, angka adjusted R Square sebesar .505  yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah  siswa  di SMA Negeri  2 Taniwel Seram Barat sebesar 50,5%.  Berdasarkan analisis simultan, angka adjusted R Square sebesar .578, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penyediaan fasilitas belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri  2 Taniwel Seram Barat sebesar 57,8 %.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

M, M. . (2021). Pengaruh Penyediaan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa . Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5489

Issue

Section

Articles