Penerapan Metode Diskusi, Media Pembelajaran Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Sdn Plampang Paiton – Probolinggo

Authors

  • Sundiawati Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5673

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode diskusi, media pembelajaran dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ips siswa SDN Plampang Paiton – Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mencakup tiga variabel bebas yaitu penggunaan metode diskusi, media pembelajaran dan lingkungan, serta satu variabel terkait yaitu prestasi belajar IPS. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 31 responden. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket (kuesioner) yang sebelumnya telah diuji validitas (menggunakan Product Moment) dan reliabilitas (menggunakan Alpha Cronbach). Sedangkan analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji regresi bergandaHasil penelitian dan analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut. (1) Variabel bebas metode diskusi (X1) diperoleh nilai thitung sebesar  0.561 dan Sig. (2-tailed) 0,042 < 0,05. (2) Pada variabel bebas penggunaan media pembelajaran (X2) diperoleh nilai thitung sebesar  0.578 dan signifikansi 0,045 < 0,05. (3) Pada variabel bebas lingkungan sekolah (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 0.222 dan signifikansi 0,026 < 0,05.(4) Hasil Uji signifikansi Simultan (Uji Statistik F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 6.756 dengan probabilitas sebesar 0.001. Oleh karena nilai probabilitas lebih kecil dari  α 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh faktor variabel bebas (metode diskusi, media pembelajaran dan lingkungan sekolah) secara simultan terhadap prestasi belajar (Nilai Raport mata pelajaran IPS) Siswa Kelas V SDN Plampang Paiton – Probolinggo.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan

Bekerjasama dengan PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2009. Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta: SJakarta.

Hamalik, O. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmud, Dimyati. 2013. Psychologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP-IKIP.

Muhibbin Syah. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munawaroh. 2017. The Influence Of Teaching Methods And Learning Environment To The Student’s

Learning Achievement Of Craft And Entrepreneurship Subjects At Vocational High School.

International Journal Of Environmental & Science Education, (Online), 1 (1): 665-678,

(http://www.ijese.net/makale_indir/1836), diakses 08 Februari 2018

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

PrenadaJakarta: PT Rineka Cipta.

Siti Pratini (2005). Psikologi Pendidikan. Di unduh dihttp://www.wawasanpendidikan.om/2015/09/peng

ertian-prestasi-belajar-menurut-ahli.html?m=1 tanggal 19 Februari 2019.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suryani. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Uno, B.H. 2010. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Sundiawati. (2021). Penerapan Metode Diskusi, Media Pembelajaran Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Sdn Plampang Paiton – Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 135–142. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5673

Issue

Section

Articles