Pengaruh Pembiasaan Literasi, Penggunaan Alat Peraga, Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Vi Di Guslah I Lawang Malang

Authors

  • Suharyono Universitas Kanjuruhan Malang
  • Endah Andayani Universitas Kanjuruhan Malang
  • Ninik Indawati Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5675

Abstract

Peningkatan sumber daya manusia merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh suatu negara guna mencapai tujuan pembangunan di era globalisasi sekarang ini yang menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Pendidikan  mempunyai  peran  yang  sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam upaya mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan dan menganalisis pengaruh pembiasaan literasi,penggunaan alat peraga, dan cara belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI di guslah I lawang malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu siswa yang ada di guslah I Kecamatan Lawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kesadaran literasi,penggunaan media pembelajaran dan cara belajar yang benar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.

 

References

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad

ke-21 dalam Kontek Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.

Abidin, Yunus, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi

Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman, 2016. Beajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Faizah U, Dewi, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hanafiah, dkk. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kompri.2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Prihantoro. (2010). Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta. PT.Bumi Aksara

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono.2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sujana.2000. Penilaian Hasil Proses

Belajar.Bandung: Remaja Rosdakarya Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Teknik

Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Yusup, Pawit. M. 2016. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta : Bumi Aksara.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Suharyono, Andayani, E. ., & Indawati, N. . (2021). Pengaruh Pembiasaan Literasi, Penggunaan Alat Peraga, Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Vi Di Guslah I Lawang Malang. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 143–147. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5675

Issue

Section

Articles