Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X

Authors

  • Moh. Ainul Yakin Pogram Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5676

Abstract

Pendidikan disekolah merupakan bentuk playanan profesional yang diberikan terhadap siswa sebagai integral dari pelayanan pendidikan, bahkan sebagai faktor penentu pelayanan pendidikan dengan mengambil data sekolah secara keseluruhan dalam proses belajar mengajar. Namun didalam lingkungan sekolah sarana prasarana dalam kegiatan proses belajar mengajar banyak mengalami kendala, seperti buku LKS dan media lainnya. Sehingga perlu mendalami minat belajar siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pada media pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh terhadap minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Terdapat pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai signifikansi sebesar 0.010 yang lebih kecil dari taraf signifikan (α) = 0,05 dan hasil thitung sebesar 2.754 lebih besar dari ttabel sebesar 2.03452. Nilai positif terlihat dari koefisien 0,331. Terdapat pengaruh signifikan minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai signifikansi sebesar 0,003 yang lebih kecil dari tingkat signifikan (α) = 0,05 dan hasil thitung sebesar 3.280 lebih besar dari ttabel sebesar 2.03452.  Terdapat pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang menunjukkan bahwa secara bersama-sama media pembelajaran dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung sebesar 30,839 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,28 dan tingkat signifikan 0.000 lebih kecil dari 0,0.

References

Abdul Majid, 2016. Srategi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Andayani.E. 2017. Pedoman Penulisan Tesis. Malang : Universitas Kanjuruhan Malang

Arif Santjaka, 2015, Aplikasi SPSS Untuk Analisis Data Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika

Arifin, Burnawi. 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan. Jakarta: PT RinekaCipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Arsyad, Azhari. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Burhanudin, Elija. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Deni Dermawan. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Desy Handayani . 2014. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Pengetahuan Tentang Pemasangan Kontrasepsi Implant (Mahasiswa Semester Iv Prodi Diii Kebidanan Stikes Kusuma Husada Surakarta). (di akses 2 Januari 2019)

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta Pendididikan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Dan Penilaian. Dihimpun Oleh Diah Pradita. Jakarta: Depdiknas.

Hamelik, Q. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.

Khafidin .2011.Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gringsing Kabupaten Batang. (di Akses 2 Januari 2019)

Kurnia Andi Setiawan. 2015. Pengaruh Minat Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 SAMBUNG MACAN (di akses 2 Januari 2019 )

Lisa Agustina. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS di sekolah dasar (di akses 2 Januari 2019)

M. Taufiq. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi†Berpendekatan Science-Edutainment.( di akses 3 Januari 2019)

MuhibbinSyah, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global. Malang : UIN-MALIKI Press

Nurdin,2012. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Pemendikbud No 53 Tahun 2015 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mendiknas

Riduwan, 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Rohani,Ahmad 2011. Media Intruksional Edukatif .Jakarta: PT Rineka Cipta

Sadiman, Arief. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman. 2012. Media Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers.

Sukma, Putri.2011 Media dan Sumber Pembelajaran.Jakarta :Pustaka Pelajar

Rosyada, Dede. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jakarta: Prenada Media. Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta Widyastuti, Sri Harti dan Nurhidayati. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Yohana Budi Noviyanto. 2015. Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi( di akses 3 Januari 2019).

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Yakin, M. A. (2021). Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 108–114. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5676

Issue

Section

Articles