Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Muhamad Ghola Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5677

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Banyuanyar, (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar di SMK Negeri 1 Banyuanyar, (3) pengaruh kopetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Banyuanyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMK Negeri 1 Banyuanyar sejumlah 640 siswa dan sampel 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan angket di uji kepada 30 siswa diluar sasaran dengan uji validitas dan realiabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji parsial dengan uji T dan uji simultan menggunakan uji F. Analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan computer SPSS versi 18. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji asumsi klasik analisis regresi. Temuan penelitian ini : (1) ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan pedagogik guru terhadap prestasi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi koefisien Fhitung  sebesar  135.565 > dari F table 2,947 pada taraf signifikasi sebesar 0,00. Sedangkan t-hitung sebesar -3.270 > 11.643 dengan taraf signifikansi sebesar 0.002 sehingga dapat dijelaskan bahwa kemampuan pedagogik berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada pengaruh faslitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, dal ini dibuktikan dengan sigfinikansi koefisien Fhitung sebesar 154.514 > dari Ftable 2,947 pada taraf signifikasi sebesar 0,00. Sedangkan angka t-hitung menunjukan -1.879 > 12.430 dengan taraf siqnifikansi 0.005.. (3) ada pengaruh Kopentensi pedagogik guru dan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 1 Banyuanyar. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi Fhitung 90.885  > Ftabel 2,947. Persamaan regresi ditunjukkan oleh persamaan ÐŽ = -23.521 + 1.050 X1 + 1.135 X2. Temuan tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar .740 atau sebesar 74.00 % kemampuan pedagogik dan fasilitas belajar, secara bersama- sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan sisanya sebesar 26% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Ade Kurniawan. 2015. Deskripsi kompetensi pedagogik guru dan calon guru kimia sma muhammadiyah

semarang.. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang

Anapuspa Ningrum., 2017. Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap hasil

belajar pada mata pelajaran ips terpadu smp negeri 10 kota jambi. Jambi. UIN

STS Jambi

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Strategi belajar mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Mudjiono, Dimyati. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S., 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problemetika

Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N., 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung. Sinarbaru Algesindo.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman, M. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosda Karya. Bandung.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Ghola, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 148–151. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5677

Issue

Section

Articles