Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Magdalena Unneputty Unneputty

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5679

Abstract

Pembelajaran Berbasis Portofolio dapat meningkatkan minat belajar, perkembangan prestasi dan kreatifitas peserta didik, perkembangan kemampuan peserta didik dapat dilihat pada hasil penilaian portofolio. Motivasi belajar mempunyai peranan penting dalam pembelajaran seperti halnya intelegensi dan hasil belajar dapat meningkatkan keberhasilan dan prestasi belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan: 1) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Prestasi Belajar Siswa IPS Kelas VII SMP Negeri 6 Ambon Provinsi Maluku Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa IPS Kelas VII SMP Negeri 6 Ambon Provinsi Maluku Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Portofolio dan Motivasi Belajar secara bersama – sama terhadap Prestasi Belajar Siswa IPS Kelas VII SMP Negeri 6 Ambon Provinsi Maluku Tahun Pelajaran 2016/2017.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Verifikatif, dengan menggunakan metode pendekatan Ex Post Fakto dan Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa IPS Kelas VII SMPN 6 Ambon tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 384 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah populasi yang ada, yaitu 36 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah probabilitas sampling dengan menggunakan proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel dengan memperhatikan proporsi jumlah sub-sub populasi.

Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Tidak terbukti adanya Pengaruh Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Prestasi Belajar Siswa IPS Kelas VII SMP Negeri 6 Ambon Provinsi Maluku Tahun Pelajaran 2016/2017. Dapat dilihat dari nilai t hitung < t tabel pada taraf siginifikan 5 % yaitu 0.395 < 1.692. 2) Terbukti adanya pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa IPS Kelas VII SMP Negeri 6 Ambon Provinsi Maluku Tahun Pelajaran 2016/2017. Dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel pada taraf siginifikan 5 % yaitu 2.080 > 1.692. 3) Terbukti Ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Portofolio dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa IPS Kelas VII SMP Negeri 6 Ambon Provinsi Maluku Tahun Pelajaran 2016/2017. Dapat dilihat dari nilai F Hitung > F Tabel pada taraf signifikan 5 % yaitu 2.589 > 3.28.

References

Ahmadi, Abu. 2002. Psikologo Sosial. Jakarta: Rineke Cipta.

__________. 1998. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineke Cipta.

Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineke Cipta.

Andartari, dkk. 2013. Pengaruh Kemampuan Intelektual (IQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil

Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pada SMA Labschool Rawamangun. Jurnal

Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis Vol.1 No. 1 Maret 2013.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

________________. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

________________. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Basrowi dan Ahmad Kasinu. 2007. Metode Penelitian Sosial. Kendiri: Jenggala Pustaka Utama.

Darsono dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, Drs dan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerungan, W. A. 2000. Psikologi Sosial. Bandung: Erisco.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Puspa Swara.

Leni Asnawati. 2014. Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Belajar Di Sekolah

Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran

/2014. Universitas Lampung.

Mustikasari, Sekar. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi

Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang

Tahun 2012/2013. Universitas Negeri Semarang.

Nurhayati. 2014. Pengaruh Keadaan Ekonomi Orang Tua Dan Disiplin Belajar Melalui Perhatian

Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1

Sardiman. 2007. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Prafindo Persada.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhnya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wahyu Utomo Afriyanto. 2014. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Keadaan Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Pendidikan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Unneputty, M. U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 97–107. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5679

Issue

Section

Articles