Pengaruh Disiplin Belajar Dan Cara Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Eko Budi Utomo

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5680

Abstract

Dalam proses pendidikan diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mencapai hasil yang baik dalam proses pendidikan diperlukan disiplin belajar yang baik. Pendidikan juga merupakan suatu upaya untuk memberikan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan keahlian tertentu pada individu untuk mengembangkan dirinya dengan baik.

   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar. Untuk mengetahui adanya pengaruh cara mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. Dan untuk mengetahui adanya pengaruh disiplin belajar dan cara mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.

   Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitianya adalah survei korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dimana teknik tersebut akan menguji hipotesis yang menyatakan ada pengaruh secara (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan). Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Dirgahayu Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu keseluruhan jumlah populasi dijadikan sampel.

   Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung=3,253 sesangkan t tabel 2,00958 atau t hitung lebih besar dari t tabel dengan nilai sig.0,002 lebih kecil dari 0,05. Ada pengaruh yang signifikan cara mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung = 8,183 sedangkan t tabel=2,00958 atau t hitung lebih besar dari t tabel dengan niai sig.0,000 lebih kecil dari 0,05. Ada pengaruh yang signifikan disiplin belajar dan cara mengajar guru secara simultan terhadap terhadap hasil belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari f hitung =556,928 lebih besar dari f tabel=3,19 dengan nilai sig.0,000 lebih kecil dari alpha 0,05.

References

Adiningsih, Dyahnita. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan

Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian

Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Vol 1, No 2 (2012).

http://journal.uny.ac.id. 14 November 2016.

Alma, Buchari. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung : CV Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Budiarti, R. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas

II SDN Tepas 03 Kesamben Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Malang :

Universitas Kanjuruan.

Dalyono. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 2011. Statistik. Yogyakarta : Andi.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamalik,Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasinah. 2014. Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata

Pelajaran IPS Siswa Kelas VI SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Pegantenan Kabupaten

Pamekasan. Malang : Universitas Kanjuruhan.

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M.N. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roisatin, Dewi Anisiyah. 2015. Pengaruh Cara Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap

Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS (Persepsi Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kabupaten

Pamekasan. Malang: Universitas Kanjuruhan.

Santoso. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suharso. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Bogor : Yudhistira.

Suprayitna, S dan Amitya Kumara. 1996. Mengajar Anak Berdisiplin Diri. Jakarta : PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Utomo, Bagas wahyu. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga

Terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian

Akuntansi Di SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2012 / 2013.Vol 2 No 8

(2013).http://journal.student.uny.ac.id. 04 desember 2016.

Utomo, Heru Tri Prasetyo. 2015. Korelasi Metode Mengajar Guru dan Cara Belajar Terhadap Hasil

Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri Maguan II Kabupaten Malang Tahun Pelajaran

/2015. Malang : Universitas Kanjuruhan.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Utomo, E. B. . (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Cara Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 157–163. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5680

Issue

Section

Articles