Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial

Authors

  • Wenselinus Nong Kardinus Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971

Abstract

Implementasi pendidikan karakter belum dijiwai oleh semua pelaku pendidikan sebagai sebuah transformasi nilai dan pembentukan kepribadian. Hal ini disebabkan oleh pengaruh negative yang sudah masuk pada dunia pendidikan, seperti; tawuran antar pelajar, hoax, pergaulan bebas, perundungan, menyontek, korupsi, malas, intoleransi, kesombongan, merusak lingkungan, konsumerisme, fitnah,bohong dan hal-hal negative lainnya. Kondisi seperti ini menjadi tantangan dalam pembentukan karakter dan mempengaruhi sikap sosial serta rasa kepedulian peserta didik pada lingkungan sosial semakin berkurang. Sekolah hendaknya mencari cara agar peserta didiknya memiliki karakter baik, mampu membangun sikap sosial dan karakter kepedulian tetap terjaga seperti yang diharapkan melalui penerapan pada visi misi dan tujuan sekolah.  Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan mau mengetahui implementasi program penguatan pendidikan karakter untuk membangun sikap kepedulian sosial peserta didik di SMAK Frateran Malang. Hasil yang diperoleh adalah bahwa impelemntasi pendidikan karakter menjiwai seluruh aktivitas sekolah mulai dari kurikulum sekolah, program sekolah, mata pelajaran dan kegiatan sekolah.  Implikasi dari implementasi pendidikan karakter dapat membangun sikap kepedulian sosial peserta didik seperti adanya sikap  toleransi, peduli, disiplin, jujur, saling menyapa, solidaritas.

References

Akbar, S. (2011). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pidato Pengukuhan Guru Besar sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Dasar 1 pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM.

Akbar, S. (2010). Model Pembelajaran Nilai Dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan vol.17 No.01. Universitas Negeri Malang.

Lickona, T. (2013). Character Matters. Penerbit Bumi Aksara Jakarta.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter. Bumi Aksara. Jakarta.

Poespowardojo, A.S.P. (2018 ). Keluarga Sekolah Pembinaan Karakter Awal. Penerbit Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta.

Ramdhani, M.A. ( 2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, vol.8;no.1;2014;28-37

Saksono, I.G. (2008). Pendidikan yang Memerdekakan Peserta didik. Penerbit Diandra Primamitra Media Yogyakarta.

Supriyanto, E.E. (2020). Kontribusi Pendidikan Pesantren Bagi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nusantara vol. 1 No.1 STKIP NU Tegal.

Downloads

Published

2022-05-27

How to Cite

Nong Kardinus, W. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 31–40. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971

Issue

Section

Articles