Analisis Sistem Pengendalian Intern Kas Pada PT. Rizki Mining Pratama di Banjarbaru

Authors

  • Norma Yunisa STIE Pancasetia
  • Nida Putri Rahmayanti STIE Pancasetia
  • Ernawati STIE Pancasetia

Keywords:

sistem pengendalian internal, penerimaan kas, pengeluaran kas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sistem pengendalian intern kas yang dijalankan PT. Rizki Mining Pratama di Banjarbaru saat ini dan memastikan sistem pengendalian internal kas yang seharusnya dijalankan PT. Rizki Mining Pratama di Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis deskriptif sebagai metode analisis data. Wawancara dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, sistem pengendalian internal kas pada PT. Rizki Mining Pratama di Banjarbaru tidak efektif; satu bagian dari struktur organisasi menangani seluruh proses transaksi dari awal hingga akhir; dalam sistem kewenangan dan prosedur pencatatan masih terdapat transaksi yang bukti dokumennya kurang otorisasi dan penerimaan kas tidak ditandai dengan nama penyetornya; dalam praktik kerja masih terdapat kekurangan yaitu belum tercetaknya nomor urut bukti kas, yang tentunya dapat memungkinkan pegawai melakukan penyelewengan, dan untuk mendapatkan karyawan yang sesuai mutunya masih belum dilakukan analisa jabatan.

References

Dewi, A., Faridah, & Thanwain. (2017). Analisis Sistem Pengendalian Intern Kas Pada PT. Jujur Jaya Sakti Makassar. Jurnal Riset Edisi XII Unibos Makassar, 1-14.

Farida, A. (2020). Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada CV Advertising Abadi, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Teknologi, 1-12.

Husna, G. A., Hidayati, K., & Rahman, A. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PR. Sumber Barokah Sidoarjo. UBHARA Accounting Journal, 179-185.

Mulyadi (2016). Sistem Akuntansi. Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Yunisa, N., Putri Rahmayanti, N., & Ernawati. (2023). Analisis Sistem Pengendalian Intern Kas Pada PT. Rizki Mining Pratama di Banjarbaru . Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 11(2), 212–218. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/9088