PERUBAHAN KONSEPTUAL FISIKA DENGAN AUTHENTIC PROBLEM MELALUI INTEGRATIVE LEARNING PADA TOPIK GERAK LURUS PADA SMA SURYABUANA MALANG

Main Article Content

Muhammad Nur Hudha
Lia Yuliati
Sutopo Sutopo

Abstract

Tujuan pembelajaran Fisika pada tingkat SMA diarahkan untuk menguasai konsep dan melatihkan kerja ilmiah
atau scientific approach siswa  yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian  ini  bertujuan untuk
menganalisis  perubahan  konseptual  siswa  setelah  melalui  pembelajaran authentic  problem melalui integrative
learning. Penelitian  ini  menggunakan jenis  penelitian mixed method. Desain penelitian  yang  digunakan  pada
penelitian  ini  adalah embedded  experimental design.  Data  kualitatif  yang  berupa  pelaksanaan  pembelajaran
diambil melalui observasi langsung dan disajikan secara deskriptif. Data kuantitatif yang berupa nilai perubahan
konseptual siswa diambil melalui tes penguasaan konsep dan dianalisis melalui uji paired t-test. Hasil penelitian
menunjukkan  bahwa : 1) Terdapat perubahan konseptual pada siswa setelah dilakukan pembelajaran Authentic
problem melalui Integrative  Learning.  2)  Pembelajaran authentic  problem melalui integrative  learning yang
diterapkan  pada  penelitian  ini  memiliki  ciri  :  “  siswa  memecahkan  masalah  otentik  melalui  diskusi  dan
praktikum; evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi diri sendiri, evaluasi teman dan evaluasi guru“.
 
Kata Kunci: Perubahan Konseptual, Integrative Learning, Authentic Problem

Article Details

How to Cite
Hudha, M. N., Yuliati, L., & Sutopo, S. (2016). PERUBAHAN KONSEPTUAL FISIKA DENGAN AUTHENTIC PROBLEM MELALUI INTEGRATIVE LEARNING PADA TOPIK GERAK LURUS PADA SMA SURYABUANA MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 733–743. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.1078
Section
Articles