MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGGAMBAR DESAIN POSTER MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI DKV SMK NEGERI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Article Content

Paulus Sunarno

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran membuat desain poster dan untuk mengetahui sejauhmana  metode demonstrasi dapat meningkatkan kompetensi menggambar desain poster pada siswa kelas XI program studi DKV SMK Negeri  Pacitan. Penelitiantindakankelas (PTK) ini menggunakan duasiklus. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan setelah menggunakan metode demonstrasi, kompetensi menggambar desain poster pada siswa dapat meningkat secara signifikan yang dibuktikan dari hasil karya desain yang sudah sesuai dengan standar penilaian. Pada siklus 1, penilaian karya desain poster belum menunjukkan karya yang sesuai dengan kriteria penilaian dari berbagai unsur sehingga diperlukan suatu metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan desain poster tersebut.Nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 74,6 dan ketuntasan belajar mencapai 40 % atau ada 9 siswa dari 22 siswa yang sudah tuntas belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 ini ketuntasan belajar secara klasikal belum memenuhi standar nilai KKM yaitu 75 untuk mata pelajaran produktif.Pada siklus 2, kemampuan siswa dalam membuat desain poster dengan berbagai tema memlalui metode demonstrasi sudah menunjukkan peningkatan yang sangat memuaskan baik dilihat dari unsur komposisi, tata letak, pewarnaan maupun tipografi. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 81,88 dan ketuntasan belajar mencapai 100 % atau secara keseluruhan 22 siswa sudah tuntas belajar.

               

Kata Kunci : Kompetensi, Poster, Demonstrasi

Article Details

How to Cite
Sunarno, P. (2016). MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGGAMBAR DESAIN POSTER MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI DKV SMK NEGERI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 764–770. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.1081
Section
Articles