PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN SENAM MATA DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACASISWA KELAS 8C SMPN 1 TIRTOYUDO TAHUN 2013/2014

Main Article Content

Demes N Dewi

Abstract

Penelitianbertujuan memperoleh waktu baca yang optimal, persentase pemahaman isi bacaan meningkat, peolehan KPM (kata per menit) diatas 200, dengan menggunakan teknik Cooperative Script dan Senam Mata dalam membaca. Metode yang dipakai deskriptif kuantitatif berupa PTK (penelitian tindakan kelas) dengan enam pertemuan.Alat pengumpul data berupa lembar observasi, tes dan kuis. Hasil analisis saat proses dan hasil membaca, dari 38 siswa diketahui (a) Ketercapaian waktu baca tertinggi 2 menit 7 detik, terus menurun menjadi 2 menit 0 detik, (b) Prosesentase pemahaman isi bacaan dari 50% menjadi 55% dan terus meningkat hingga 80%, (c) Perolehan KPM pada pertemuan pertama hingga keempat, meningkat walaupun belum mencapai 200, perolehan KPM diatas 200 baru tampak pada pertemuan kelima dan keenam. Dari data membaca dapat disimpulkan bahwa perolehan KPM (kata per menit) terus meningkat. Hasil pengamatan Senam Mata pada pertemuan pertama sampai ketiga tujuan Senam Mata belum tercapai, menginjak pertemuan keempat sampai keenam sambil dipandu guru dan diberi tugas Senam Mata dirumah baru tampak hasilnya , keberhasilan Senam Mata tampak pada pertemuan keempat, kelima, keenam terbukti dari 38 siswa (100%) menyatakan tidak lelah mata dan tidak pusing. Dapat disimpulkan bahwa teknik Cooperative Script dan Senam Mata  dapat meningkatkan kemampuan membaca,serta perolehan KPM (kata per menit) bisa mencapai di atas 200  hingga tertinggi 222.

 

Kata kunci : Cooperative Script, Senam Mata, KPM (kata per menit).

 

Article Details

How to Cite
Dewi, D. N. (2016). PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN SENAM MATA DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACASISWA KELAS 8C SMPN 1 TIRTOYUDO TAHUN 2013/2014. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 802–808. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.1085
Section
Articles