PENGGUNAAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA PEMBUKTIAN MAHASISWA

Main Article Content

Vivi Suwanti

Abstract

Dalam pembelajaran Struktur Aljabar 1 mahasiswa seringkali menemui kesulitan dalam mengkonstruksi bukti. Salah satu alasan yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah kurangnya kemampuan logika pembuktian mahasiswa sehingga tidak dapat membuat keputusan langkah yang tepat untuk mengkonstruksi bukti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penggunaan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan logika pembuktian mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 31 mahasiswa kelas 2014 D tahun ajaran 2015/2016 Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Dari hasil penelitian didapatkan, terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus 1 dari 58.96 menjadi 60.5. Mahasiswa dengan nilai di atas 70 juga meningkat dari 32% menjadi 38%. Pada siklus 2 rata-rata nilai meningkat dari 60.5 menjadi 70.1. Mahasiswa yang mendapatkan nilai di atas 70 juga meningkat menjadi 58%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep sebagai bantuan visualisasi alur logika pembuktian dapat meningkatkan kemampuan logika pembuktian mahasiswa dan memberikan respon positif dalam kegiatan belajar.

Kata kunci : pembuktian, logika, peta konsep

Article Details

How to Cite
Suwanti, V. (2016). PENGGUNAAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA PEMBUKTIAN MAHASISWA. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 876–882. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1326
Section
Articles